Bahas Nasib KPPS, KPU Akan Gelar Pertemuan dengan Kemenkeu Ketua KPU Pusat Arief Budiman (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan hingga saat hingga saat ini jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia sebanyak 91 orang.

Tak hanya itu, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan ada 374 petugas KPPS yang mengalami sakit, dengan berbagai penyakit. Data tersebut berdasarkan laporan yang diterima pihak KPU hingga pukul 17.00 sore.

"Jumlah update terakhir petugas penyelenggara pemilu yang tertimpa musibah itu sebanyak 91 orang meninggal dunia, kemudian 374 orang sakit. Sakit ini bervariasi ya," kata Arief di Jakarta, Senin (22/4).

Kantor KPU. (Foto: net)
Kantor KPU. (Foto: net)

Menghadapi musibah seperti ini, KPU melakukan pembahasan terkait pemberian santunan kepada pihak penyelenggara pemilu yang gugur dan sakit saat mengemban tugas.

"Dengan memperhitungkan berbagai macam regulasi asuransi BPJS. Kemudian masukan-masukan dan catatan yang selama ini diberlakukan," tuturnya.

Arief juga mengatakan, KPU pada Selasa 23 April nanti akan melakukan pertemuan dengan Kementerian Keuangan terkait pemberian santunan tersebut.

"Besok direncanakan Sekjen akan melakukan pertemuan dengan para pejabat di Kementerian Keuangan," ujarnya.

Dalam pertemuan ini, KPU akan mengusulkan beberapa point terkait besaran santunan yang akan diberikan kepada korban.

"Pertama besaran santunan untuk yang meninggal dunia kurang lebih 30-36 juta. kemudian untuk yang cacat maksimal 30 juta nanti tergantung pada jenis musibah yang diderita," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Banyak KPPS Meninggal Dunia, MUI Dorong DPR Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH