Headline

Bahas Eksodus Mahasiswa, Gubernur Papua Barat Kumpulkan Semua Bupati

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 18 September 2019
  Bahas Eksodus Mahasiswa, Gubernur Papua Barat Kumpulkan Semua Bupati
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Eksodus mahasiswa Papua beberapa waktu lalu pasca-kasus rasisme membuat Gubenrur Papua Barat Dominggus Mandacan pusing tujuh keliling. Betapa tidak, sampai saat ini masih banyak mahasiswa yang enggan kembali ke kampus tempat studinya.

Demi mengatasi masalah tersebut, Dominggus mengumpulkan para bupati dan wali kota Provinsi Papua Barat untuk memikirkan langkah bersama demi menggembalikan para mahasiswa ke sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga:

Gubernur Papua Barat Minta Massa Hentikan Aksi Demonstrasi

Selain kepala daerah, para pimpinan kampus pun akan dilibatkan dalam pertemuan yang akan digelar di Kantor Gubernur di Manokwari pada Rabu (18/9). Para ketua DPRD serta Majelis Rakyat Papua juga akan hadir pada pertemuan ini.

Para mahasiswa Papua berunjuk rasa
Warga Papua di Sorong (Foto: antaranews)

"Kita ingin menyikapi adik-adik kita yang kuliah di luar sana. Sejauh ini kita belum dapat informasi terkait kepulangan mereka pascakejadian tanggal 19 Agustus di Manokwari, 20 Agustus di Sorong dan 21 di Fakfak," ujar Dominggus di Manokwari, Selasa (17/9).

Menurutnya, mahasiswa Papua Barat banyak yang memilih tetap kuliah dibandingkan pulang seperti teman-temanya dari Provinsi Papua.

Meskipun demikian, lanjut gubernur, pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan harus dilakukan untuk memberikan dukungan agar mahasiswa dari Papua Barat lebih tenang di kota studi.

"Adik-adik kita inikan kuliah ada yang dibiayai sendiri oleh orang tuanya, ada pula yang dibiayai pemerintah pusat melalui program afirmasi, juga ada yang dibiayai pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Kami semua tentunya ingin, anak-anak aman di sana," sebutnya lagi.

Dominggus Mandacan sebagaimana dilansir Antara berharap ada jaminan keamanan yang diberikan pemerintah setempat, termasuk TNI dan Polri. Sehingga mereka tidak waswas baik saat mengikuti proses pendidikan maupun saat melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:

Gubernur Papua Barat Tunggu Presiden Jokowi Berdialog dengan Warganya

Apapun kesepakan yang terlahir dalam pertemuan itu, kata Diminggus, semua akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

"Intinya bahwa, kita butuh jaminan keamanan bagi mereka sehingga bisa fokus kuliah hingga akhir studi. Tanpa ada was-was, takut dan sebagainya," pungkasnya.(*)

Baca Juga:

Jaringan Damai Papua Sarankan Pemerintah Berdialog Dengan Masyarakat Adat

#Papua Barat #Mahasiswa Papua #Konflik Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan