Bahan-bahan Sekitar Kita yang Terbukti Ampuh Hilangkan Bekas Luka Menghitam

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 27 September 2019
Bahan-bahan Sekitar Kita yang Terbukti Ampuh Hilangkan Bekas Luka Menghitam
Atasi bekas luka yang menghitam dengan bahan alami di sekitar rumah kamu. (Foto: Pexels/pixabay)

BEKAS luka biasanya memunculkan bercak hitam. Kamu bisa menghilangkan bekas luka menggunakan salep luka. Tetapi, jika penanganannya tidak benar, akan muncul rasa gatal yang berkepanjangan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan membuat penderita ingin menggaruknya.

Oleh karena itu, terdapat beberapa cara alternatif untuk menghilangkan bercak hitam yang muncul akibat luka. Selain menggunakan salep dengan harga yang mahal, cara ini terbukti memberikan efek yang baik dan harga cukup terjangkau.

Baca Juga:

Kena Knalpot Panas Saat Jalan-Jalan? Gunakan Bahan ini Agar Kulit Mulus Kembali

Merahputih.com telah merangkum beberapa bahan alami yang mampu menghilangkan bekas luka yang menghitam seperti di bawah ini.

1. Sari cuka apel

(Trivia 1) sari cuka apel efektif mengembalikan warna alami dan mencerahkan (Foto Pexels rawpixel)
Sari cuka apel efektif mengembalikan warna alami dan mencerahkan. (Foto: Pexels/rawpixel)

Untuk mengurangi bercak yang menghitam, pakailah sari cuka apel secara rutin. Selain mengurangi hiperpigmentasi kulit atau bekas luka, sari cuka apel juga efektif mengembalikan warna alami dan mencerahkan.

Campurkan sari cuka apel dan air putih sekitar 1:1 sendok makan. Hal ini untuk menurunkan rasa sensasi terbakar dari reaksi yang diberikan sari cuka apel. Oleskan ke permukaan yang ingin disembuhkan. Pastikan sudah mencuci tangan lebih dulu. Diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan dengan air dingin, guna menutup pori-pori kulit.

Selain itu, kamu juga bisa jadikan sari cuka apel sebagai bahan utama masker wajah. Diamkan semalaman dan bilas pagi harinya.


2. Minyak esensial

(Trivia 2) minyak esensial yang baik untuk menutrisi kulit (Foto pexels daria shevtsova)
Minyak esensial yang baik untuk menutrisi kulit. (Foto: Pexels/daria shevtsova)

Terdapat beberapa minyak esensial yang baik untuk menutrisi kulitmu. Di antaranya lavender, extra-virgin olive, rosehip essential oil dan lainnya. Balurkan secara merata ke bekas luka dan diamkan selama 30 menit. Untuk memaksimalkan proses penyerapan, pijatlah secara perlahan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setidaknya tiga kali dalam sehari.


3. Lidah buaya

(Trivia 3) gel lidah buaya juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kolagen kulit (Foto pexels cintia siqueira)
Gel lidah buaya juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kolagen kulit. (Foto: Pexels/cintia siqueira)

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki ragam manfaat. Selain menenangkan kulit, gel lidah buaya juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kolagen kulit dan menghancurkan pembentukan melanin. Lidah buaya memiliki sifat mencerahkan kulit juga. Hal ini dikarenakan kandungan zat kimian seperti aloin dan aloesin.

Sebaiknya, memanfaatkan gel lidah buaya yang masih berbentuk tanaman. Kupas kulitnya dan balurkan secara merata. Terapkan gerakan memutar. Lakukan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi setiap dua kali dalam sehari.

Baca Juga:

Pentingnya Protein Dalam Penyembuhan Luka

4. Baking soda

(Trivia 4) Soda kue bisa memaksimalkan proses pengelupasan sel-sel kulit mati (Foto pexels kaboompics)
Soda kue bisa memaksimalkan proses pengelupasan sel-sel kulit mati. (Foto: Pexels/kaboompics)

Menambahkan baking soda ke dalam racikan perawatan masalah kulitmu bisa memaksimalkan proses penyembuhan. Soda kue bisa memaksimalkan proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan sisa kotoran di pori-pori tubuh.

Meski membantu, kulit sensitif tetap harus berhati-hati. Reaksi dari komposisi baking soda yang sedikit keras, bisa menimbulkan iritasi kulit sensitif seperti kemerahan. Perawatan dengan tambahan baking soda dapat dilakukan setiap seminggu sekali.


5. Yoghurt dan susu

(Trivia 5) Susu dan yoghurt mampu meningkatkan proses pengelupasan dan mencerahkan kulit (Foto pexels george desipris)
Susu dan yoghurt mampu meningkatkan proses pengelupasan dan mencerahkan kulit. (Foto: Pexels/george desipris)

Susu dan yoghurt mampu meningkatkan proses pengelupasan dan mencerahkan kulit. Kandungan asam laktat, vitamin D, dan vitamin B12 dapat membuang sel kulit mati dan meringkankan masalah pigmentasi. Sedangkan, kandungan vitamin A, vitamin B6 dan biotin merangsang produksi kolagen berdasarkan lansiran dari aarp. Untuk itu, lakukan perawatan secara rutin dengan mengoleskan yogurt selama 20 menit setiap harinya.


6. Kentang mentah

(Trivia 6) kandungan dalam kentang baik untuk meremajakan kolagen kulit. (Foto pexels rawpixel)
Kandungan dalam kentang baik untuk meremajakan kolagen kulit. (Foto: Pexels/rawpixel)

Kandungan vitamin dan mineral dalam kentang efektif mengangkat kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru, seperti yang dikabarkan laman Aarp. Di antaranya, vitamin B6, kalium, seng fosfor dan vitamin C. Secara keseluruhan, kandungan dalam kentang baik untuk meremajakan kolagen kulit.

Siapkan satu kentang yang sudah dibersihkan dan dikupas. Iris kentang dengan potongan tebal. Gunakan setiap potongnya dengan menggosokkan ke bagian bekas luka yang menghitam secara perlahan. Jika kentang mengering, gantilah dengan potongan lain. Lakukan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Setidaknya, lakukan setiap hari sekali. (Dys)

Baca Juga:

Begini Cara yang Tepat Mengobati Luka

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan