Kecantikan

Bahan-Bahan Esensial untuk Eye Cream Terbaik

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 25 Januari 2021
Bahan-Bahan Esensial untuk Eye Cream Terbaik
Temukan kandungan yang tepat untuk kebutuhanmu.(Foto:123RF/hbrhs)

ADA alasan kulit di sekitar mata cenderung terlihat lebih tua terlebih dahulu. Area halus tersebut sensitif terhadap peregangan dan kendur sehingga lebih cepat menua ketimbang bagian lain dari wajahmu. Jadilah sekitarnya muncul kerutan.

Jadi, jika menjaga keremajaan kulit itu penting bagimu, penting pula untuk menggunakan eye cream setiap hari. Masalahnya, ada ribuan pilihan yang tersedia, dan mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dicari di daftar bahan kandungannya. Meskipun kamu tahu apa yang harus dicari, menentukan bahan yang fungsinya sesuai dengan kebutuhanmu bisa melelahkan.

BACA JUGA:

Pori-Pori Besar Mudah Dihilangkan

Cek apakah eye cream yang kamu pakai mengandung bahan-bahan yang direkomendasikan dermatolog. Jika iya, krim itu mampu meminimalkan garis halus dan kerutan, melawan kantung mata, dan mengurangi lingkaran hitam.

Apa yang membuat eye cream bisa efektif mencegah penuaan dini? Tara Rao, MD, seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group dan Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di Rumah Sakit Mount Sinai, menyebutkan beberapa bahan utama yang harus dicari terlepas dari jenis atau warna kulitmu. Berikut rangkumannya seperti diberitakan Prevention.com, (22/1).

1. Asam hialuronat

mata
Membantu melembapkan kulit.(Foto: 123RF/Shao-Chun Wang)


Ditemukan secara alami di kulit, asam hialuronat menarik air, yang membantu melembapkan dan mengencangkan kulit. Sering kali, kerutan di bawah mata adalah akibat dari kekeringan, demikian menurut Dr. Rao. Selain itu, asam hialuronat dipelajari dengan baik dan terbukti membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Peptida

KRIM MATA
Mengurangi kerutan. (foto: 123RF/Roman Samborskyi)


Copper peptides, polypeptides, dan oligopeptides dipercaya dapat menembus kulit dan membantu membangun asam hialuronat dan kolagen. Protein struktural ini menahan sel dan jaringan bersama-sama seperti lem, untuk mengurangi tampilan kerutan.

3. Retinol


Turunan vitamin A ini merangsang produksi kolagen dan meningkatkan pergantian sel untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Karena kulit di bawah mata sangat sensitif, para dokter kulit tersebut merekomendasikan produk dengan konsentrasi retinol yang relatif rendah.

4. Sunscreen
“Bahan ini tidak perlu diragukan lagi,” kata Dr. Rao. Tanpa perlindungan yang tepat, sinar UV memecah kolagen dan dapat menuakan kulitmu. Sayangnya, SPF sulit ditemukan dalam eye cream, jadi lengkapi dengan tabir surya wajah jika perlu.

5. Antioksidan
Vitamin C dan E, asam ferulic, dan ekstrak berry membantu mengurangi stres oksidatif akibat sinar UV atau polutan, demikian penjelasan dari Dr. Rao. Antioksidan juga memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan.

Setelah berhasil menemukan eye cream penangkal kerutan yang efektif, kamu harus benar-benar menggunakannya. Konsistensi adalah kuncinya, dan caramu mengaplikasikan krim dapat membuat perbedaan dalam seberapa baik kerjanya. Produk seukuran kacang polong seharusnya cukup untuk kedua mata.

Gunakan jari manis atau kelingkingmu untuk mengoleskan krim mata untuk memastikan tekanan yang digunakan ringan. Jangan menarik kulit yang hanya akan memperparah kerutan. Gunakan gerakan mengusap sebagai gantinya. Pastikan untuk mengoleskan krim ke area bawah mata, kelopak mata, dan sudut luar matamu, tempat kerutan sering muncul. Hindari kontak langsung dengan mata. (aru)

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan