Bahan-Bahan Alami ini Membuat Tubuh Harum Sepanjang Hari Ilustrasi Bau Badan. (Foto: Pixabay/Nicolagiordano)

AKTIVITAS supersibuk dengan banyak gerak bisa membuat kamu berkeringat. Persoalannya, keringatmu bisa saja memicu bau tak sedap. Jika tidak segera diatasi, aromanya dapat mengganggu orang lain serta mengurangi rasa percaya diri.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang menutupinya dengan memakai parfum. Padahal ada cara lain lo guys untuk menjaga tubuh tetap harum. Yakni, dengan bahan-bahan alami dari alam.

Berikut ini adalah beragam bahan alami untuk menjaga tubuhmu tetap harum sepanjang hari.


1. Lemon

Buah lemon. (Foto: Instagram/@town_vegan)

Tak banyak yang tau jika buah lemon ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu membantu untuk menghilangkan bau badan.

Caranya yaitu, potong buah lemon menjadi 2 bagian. Lalu gosok secara perlahan di ketiak atau lipatan tubuh lain yang menjadi pemicu bau tak sedap pada tubuhmu. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan tersebut minimal dua kali dalam seminggu.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis. (Foto: Instagram/@nivez01)

Selain buah lemon, kamu juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan. Buah ini kaya vitamin C dan sering dimanfaatkan sebagai obat serta penghilang bau amis. Usut punya usut, buah yang satu ini juga dipercaya sebagai penghilang bau badan.

Caranya, peraslah potongan jeruk nipis kedalam sebuah wadah. Setelah itu campurkan dengan sedikit kapur sirih. Lalu oles pada ketiak serta lipatan tubuh lainnya.

3. Daun sirih

Daun sirih. (Foto: Instagram/@anikasuli)

Tanaman yang satu ini memang sudah tersohor manfaatnya sebagai penghilang berat badan. Caranya yaitu, pertama kamu harus merebus 4 lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Setelah itu diamkan sejenak setelah mendidih. Kemudian minum air rebusan tersebut. Lakukan setiap hari secara rutin.

Selain itu, untuk memaksimalkan hasil, kamu juga dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi agar bau badan di tubuhmu berkurang.

4. Daun kemangi

Daun kemangi. (Foto: Instagram/@mega_prahayu)

Tanaman yang satu ini biasanya kerap dikonsumsi sebagai lalapan saat makan, seperti halnya saat makan pecel lele atau pecel ayam. Daun kemangi sendiri memiliki bau daun yang sangat khas yang juga dipercaya menyegarkan aroma tubuhmu.

Kamu hanya perlu mengonsumsi daun kemangi setiap hari sebagai lalapan saat makan. Dengan begitu, perlahan-lahan bau badanmu akan berkurang dan menjadi lebih segar dari sebelumnya.

5. Jahe

Jahe. (Foto: Instagram/@dens_kitchen_)

Biasanya orang hanya tahu fungsi jahe sebagai penghangat tubuh. Namun ternyata tak banyak yang tahu kalau jahe juga dapat digunakan untuk menyegarkan bau badan kamu.

Caranya, buatlah minuman jahe. Konsumsi secara ruti setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan cengkeh serta daun serai ke dalam minuman jahe yang telah dibuat.

6. Cengkeh

Cengkeh. (Foto: Instagram/@ovie_wali)

Kebanyakan cengkeh digunakan sebagai bumbu ataupun campuran minuman. Namun ternyata tanaman yang satu ini juga bermanfaat sebagai pengurang bau tak sedap pada tubuh.

Caranya, rendamlah 3 sendok cengkeh ke dalam air hangat selama kurang lebih satu jam. Setelah itu campur air tersebut dengan madu atau gula, baru diminum. Untuk hasil maksimal, konsumsi minuman tersebut setiap hari secara rutin. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Enggak lagi Lajang saat Lebaran, Lakukan Hal Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH