Bahan-Bahan Alami Ini Bikin Bebas Jerawat Jerawat dapat diatasi dengan bahan alami (Foto: Unsplash/Ayo Ogunseinde)

WAJAH sedang break out? Kebanyakan orang telah mencoba berbagai produk skincare untuk perawatan wajah mereka. Sayangnya, susah mendapatkan yang cocok dan benar-benar bisa mengobati jerawat kita.

Jerawat memang menyebalkan dan membuat kita terus berputar otak mencari solusi tepat. Tidak jarang ada produk membuat wajah menjadi semakin break out.

Baca juga:

Posisi Jerawat Ceritakan Kondisi Kesehatan Kamu

Dilansir dari The List ada beberapa bahan alami mudah didapatkan agar wajah kamu bebas jerawat, misalnya:

1. Es Batu

Es batu bisa membantu meredekan peradangan.(Foto: Unsplash/Victoria Wendish)


Siapa sangka es batu bisa menjadi solusi untuk jerawat. Seorang dokter kulit mengatakan kepada The List dengan menggunakan es batu mampu meminimalkan peradangan dan juga kemerahan.

Es batu juga mampu membantu mengurangi usia jerawat dengan lebih cepat. Gunakan kain untuk membungkus es agar tidak terlalu dingin di wajah.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki kandungan antiseptik yang mampu menghilangkan jerawat. (Foto: Unsplash/Nordwood Themes)


Minyak ini memiliki sifat antiseptik untuk mengatasi penyakit kulit. Bahan ini bagus untuk menghilangkan jerawat, kamu juga bisa menggunakannya sebagai toner atau cukup dioleskan pada jerawat.

Namun, perlu hati-hati karena bisa juga menjadikan kulit kering atau iritasi. Larutkan dalam air sebelum mengaplikasikannya ke wajah agar efektif.

Baca juga:

Kenapa Sih Tidak Boleh Memencet Jerawat?

3. Madu

Madu berupakan bahan anti inflamasi untuk kulit. (Foto: Unsplash/Arwin Neil Baichoo)


Bahan yang satu ini anti inflamasi. Biasanya madu digunakan untuk meredakan kemerahan dan juga menenangkan kulit iritasi. Kandungan pH madu ini cenderung asam, sehingga mampu membantu proses penyembuhan. Cukup gunakan madu satu kali dalam seminggu.

4. Kulit Pisang

Kulit pisang mampu mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat (Foto: Unsplash/Mike Dorner)


Biasanya kita membuang kulit pisang begitu saja. Padahal kulit pisang dapat kamu gunakan untuk mengatasi jerawat. Kulit pisang mengandung antioksidan dan potasium yang membuat jerawat lebih cepat sembuh.

Cara menggunakannya potong kecil-kecil kulit pisang, kemudian gosok pada daerah berjerawat. Penggunaan kulit pisang akan mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu meredekan kemerahan pada jerawat. (Foto: Unsplash/Foodism3609)


Bisanya lidah buaya atau aloe vera digunakan untuk kulit terbakar matahari atau rambut. Ternyata tanaman ini juga mampu mengatasi jerawatmu.

Khasiatnya mampu meredakan kemerahan, peradangan, dan juga gatal-gatal. Biasanya jerawat akan hilang hampir dalam semalam, cukup dengan meletakkannya di bagian jerawatmu. (ren)

Baca juga:

5 Cara Sederhana Menangani Masalah Jerawat Menggunakan Minyak Jarak



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH