Bahan Alami Bisa Digunakan Sebagai Body Scrub Merawat kulit dengan scrub buatan sendiri. (Foto: Pixabay/silviarita)

BICARA perawatan kecantikan memang tidak ada habisnya. Bagi perempuan, merawat kesehatan kulit sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Rajin eksfoliasi dengan scrub tubuh adalah salah satu cara sederhana agar kulit semakin terlihat cantik. Cara penggunaanya pun sangat mudah. Balurkan serta gosok perlahan scrub ke seluruh tubuh seperti mandi biasa.

Melansir dari birdie.com, membuat scrub sendiri dengan bahan-bahan alami bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi selama masa pandemi, tidak banyak yang bisa dilakukan selain kerja di rumah. Membuat scrub tubuh sendiri dianggap lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan alami tanpa unsur kimia dan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:

Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Lebih Baik?

1. Strawberry si awet muda

Strawberry kaya akan antioksidan. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)
Strawberry kaya akan antioksidan. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Jika kamu mencari scrub rumahan yang sangat menyegarkan, strawberry adalah jawaban yang tepat. Yup! Terdapat kandungan antioksidan tinggi di dalam buah strawberry yang berfungsi melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, ada juga vitamin C yang berperan dalam meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit sehingga scrub strawberry sangat ampuh membuat kulit terlihat awet muda.

2. Manis-manis gula dan madu

Madu membantu meredakan peradangan. (Foto: Pixabay/Lolame)
Madu membantu meredakan peradangan. (Foto: Pixabay/Lolame)

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Tektur gula sendiri berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit. Kombinasi antara madu dan gula sangat efektif untuk melembutkan dan mencerahkan kulit tubuh.

Baca juga:

Mengapa Mewarnai Rambut Sendiri Dapat Berbahaya?

3. Citrus scrub bikin tambah semangat

Scrub jeruk cocok untuk musim hujan. (Foto: Pixabay/Pixel2013)
Scrub jeruk cocok untuk musim hujan. (Foto: Pixabay/Pixel2013)

Citrus scrub cocok digunakan ketika memasuki musim hujan. Karena baunya yang segar bisa bikin mood meningkat pesat. Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan gula, parutan kulit jeruk dan buah pepaya yang sudah dihaluskan. Kulit jeruk mampu membersihkan pori-pori serta mencegah timbulnya jerawat pada permukaan kulit punggung.

4. Scrub putri duyung

Scrub garam laut ampuh untuk eksfoliasi. (Foto: Pixabay/Nouchkach)
Scrub garam laut ampuh untuk eksfoliasi. (Foto: Pixabay/Nouchkach)

Scrub ini tidak digunakan oleh putri duyung kok. Hanya saja bahan dasarnya menggunakan garam laut. Meskipun teksturnya menyerupai lulur, scrub ini tetap juara dalam eksfoliasi kulit. Cukup gunakan garam laut, minyak zaitun, dan minyak esensial. Kamu bisa menambahkan bubuk spirulina agar kulit tetap lembap setelah proses eksfoliasi. (mar)

Baca juga:

Alasan K-Beauty Mulai Meredup di Tiongkok


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH