Bahagiakan Orangtuamu dengan 5 Cara ini Berkumpul bersama keluarga adalah hal yang membahagiakan orangtua. (Foto: Pexels/ELEVATE)

SAAT kesibukan sudah menguasai diri kita. Kemudian kesibukan membuat kamu sedikit sulit untuk dekat dengan orang tuamu. Meskipun sebenarnya ada teknologi digital yang memungkinkan seseorang masih dapat berhubungan dengan orang-orang terkasih. Namun tetap tidak bisa merasakan kedekatan secara fisik maupun emosional. Lalu bagaimana cara untuk membuat orang tuamu bahagia? berikut beberapa cara sederhana yang bisa membuat orang tuamu bahagia.


1. Luangkan waktu

bahagia
Luangkan waktu untuk kebersamaan. (Foto: Pixabay/Ben_Kerckx)


Pastinya setiap orang tua akan senang jika menghabiskan waktu bersama anaknya. Mungkin hal tersebut dikarenakan jika anaknya sudah beranjak dewasa pasti akan jarang berada di rumah dengan berbagai kegiatannya masing-masing.

Ketika kamu pergi dengan waktu yang cukup lama pastinya kesepian akan menghantui orang tua. Untuk itu kunjungilah orang tua kamu di akhir pekan untuk sekedar mengajak mereka makan malam bersamamu. Dengan demikian orang tuamu akan merasa sangat senang.


2. Lakukan hal sederhana untuk mereka

bahagia
Membersihkan rumah hal yang mudah dan dapat membahagiakan orangtua. (Foto: Pixabay/jarmoluk)


Ingatlah acara-acara khusus sepanjang tahun, mulai dari ulang tahun, hari ibu maupun ayah, atau hari pernikahan orang tuamu. Berikanlah mereka hadiah, tidak usah mewah namun dapat digunakan oleh mereka.

Jika kamu sedang mengunjungi orang tuamu bantulah membersihkan rumah, dan mencuci piring ketika selesai makan. Mungkin kamu bisa memberikan hadiah buatan tanganmu sendiri walaupun hanya berbentuk memo ataupun kartu ucapan terima kasih.

3. Jangan berdebat

bahagia
Jika ada topik Perdebatan lebih baik kamu diam dan bersabar (Foto: MultiBiefs)


Mungkin sekarang kamu belum pernah berdebat dengan orang tuamu, namun suatu saat ada saatnya berdebat dengan orang tuamu. Entah satu atau lain hal. Perlu kamu ingat mereka jauh lebih tua darimu dan berarti mereka lebih memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak.

Walaupun kamu bersikeras ingin berdebat kamu tidak akan membuatmu menjadi pemimpin di keluargamu, jangan pernah lupa apa pun yang mereka larang pastinya untuk kebaikan kamu sendiri.


4. Sekolah yang benar

kumpulan
Orangtua hanya mengharapkan kamu mendapatkan pendidikan yang baik. (Foto: Pixabay/StockSnap)


Sekolah yang rajin dan benar dapat membuat orang tuamu bahagia. Lagipula itu merupakan kewajiban utama kamu sebagai seorang anak. Orang tua juga ingin memamerkan hasil belajar kamu.

Mereka tidak mementingkan kamu menjadi juara, yang terbaik, kamu hanya perlu menjadi baik saja sudah lebih dari cukup bagi mereka.

Jangan sekali-kali kamu bolos dari sekolah karena bisa menciptakan ketidakpercayaan orang tua kepadamu. Alhasil kamu tidak diberi kebebasan lagi oleh orang tuamu.

5. Mengertilah mereka

bahagia
Kamu Harus mengerti orang tuamu kalau mereka sedang menasihati kamu (Foto: StudentFuture)


Cinta orang tua adalah cinta yang abadi. Ketika kamu masih kecil, mereka tetap akan mencintaimu walaupun kamu sering menangis di tengah malam. Mereka tetap akan mencintaimu walaupun tidak mengikuti acara sosial akhir pekan mereka.

Satu-satunya alasan mengapa mereka sering melarang kalian adalah untuk masa depan kamu sendiri agar kamu tetap aman dan bahagia. (ape)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo