Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 27 November 2023
Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023
Bagnaia kunci gelar juara dunia MotoGP 2023. (MotoGP)

BALAPAN masih akan dimulai beberapa menit lagi, seluruh pembalap dan tunggangan mereka sudah bersiap di lintasan Sirkuit Valencia, Spanyol. Cuaca nampak terik, namun ketegangan di atas lintasan lebih panas lagi, sebab sore hari itu juara dunia MotoGP 2023 akan ditentukan.

Perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023 tersisa pada dua pembalap, yakni Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Keduanya menunggangi motor yang sama, yakni Ducati Desmosedici GP23. Namun, mereka datang dari tim yang berbeda, dengan mentalitas yang berbeda pula.

Ini bukan perebutan gelar juara dunia MotoGP yang pertama bagi Bagnaia. Sebelumnya, ia telah menjadi gelar juara dunia MotoGP pada musim 2022 lalu. Namun, mentalitas yang berbeda datang dari Martin, sebagaimana ini merupakan kesempatan pertamanya untuk menjadi juara dunia MotoGP.

Baca Juga:

Pecco Bagnaia Debut Isi Suara untuk Film Disney 'Elemental'

Jorge Martin sempat berkejaran dengan Francesco Bagnaia. (MotoGP)

Balapan digelar hari Minggu (26/11). Bagnaia akan memulai balapan dari posisi pertama, sementara Martin beberapa meter di belakangnya, menempati grid kelima. Sejurus kemudian balapan akan dimulai, pembalap telah menyelesaikan putaran pemanasan, mata tajam dan fokus pada lampu start.

Seluruh lampu merah padam, balapan telah dimulai! Bagnaia melesat ke tikungan pertama, Brad Binder dan Jack Miller menemani di posisi kedua dan ketiga. Rekan setim Martin, Johann Zarco berada di posisi keempat, dan Martin berada tepat di belakangnya.

Beberapa tikungan kemudian Martin berhasil menyalip hingga berada di ekor Bagnaia. Keduanya melahap tikungan demi tikungan secara berdekatan. Baru dua putaran berjalan, Martin berhasil merapat ke ekor Bagnaia, mendapatkan kesempatan untuk menyalipnya dengan memanfaatkan angin kotor di lintasan lurus.

Martin berhasil mendapatkan slipstream, mencoba menyalip Bagnaia dari sisi luar, sebelum gagal mendapatkan momentum hingga berakhir nyaris bertabrakan dengan sang pembalap Italia itu. Martin terpaksa melebar, dan tercecer hingga posisi ketujuh.

Baca Juga:

Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia Baru MotoGP 2022

Kans juara dunia MotoGP 2023 Jorge Martin pupus setelah menabrak Marc Marquez. (MotoGP)

Tak lantas menyerah, Martin lekas tancap gas, sementara Bagnaia kian nyaman sebagai pemimpin balapan. Putaran demi putaran dijalani, hingga Martin tiba di ekor Marc Marquez yang berada di posisi kelima. Namun, itu adalah saat di mana seluruh harapan Martin akan segera pupus.

Seolah nyaris tanpa perhitungan, Martin mencoba menyalip sang juara dunia MotoGP enam kali itu pada tikungan keempat. Namun ia gagal mengeksekusi kesempatan itu, hingga berakhir menabrak Marquez, bahkan menerbangkan Marquez ke udara sebelum terpelanting ke area kerikil.

Kecelakaan itu turut menyeret Martin, membuatnya terjatuh ke pinggir lintasan pula. Harapan akan menjadi juara dunia pupus, Bagnaia kemudian mengakhiri balapan sebagai pemenang, meraih gelar juara dunia MotoGP-nya untuk yang kedua kali. (waf)

Baca Juga:

Jorge Martin Sudah Tahu Bakal Jatuh di MotoGP Mandalika

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan