Relasi
Bagi yang Suka Pamer, Ini Indikasi Kepuasan Hubungan dan Postingan Instagram Instagram jadi wadah untuk membagikan keromantisan hubungan. (Foto: 123RF/lightfieldstudios )

MEDIA sosial seperti Instagram dan Facebook, memungkinkan kamu berbagi kehidupan dan kisah percintaan kepada dunia. Jadi, ketika kamu melihat teman memposting (atau tidak memposting) foto dan update tentang hubungan romantis mereka di media sosial, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi dalam hubungan percintaan mereka.

Penelitian baru oleh Leisel Sharabi dan Anannamraih Hopkins, yang baru saja diterbitkan di Journal of Social and Personal Relationships, meneliti bagaimana aktivitas Instagram seseorang memiliki makna tertentu dengan perasaan mereka tentang hubungan percintaan.

Baca juga:

Ada yang Tidak Beres? Pasangan Kamu Selingkuh?

Dalam studinya, Sharabi dan Hopkins mensurvei 178 pasangan yang menggunakan Instagram. Pasangan tersebut menyelesaikan kuesioner yang mengukur tingkat kepuasan hubungan percintaan. Ia juga mengukur sejauh mana mereka percaya bahwa alternatif pasangan romantis lain yang menarik hati masih tersedia bagi mereka.

Untuk melihat bagaimana pasangan ini mempresentasikan hubungan mereka di Instagram, para peneliti memeriksa 10 postingan terbaru masing-masing. Mereka menghitung jumlah likes atau komentar yang dibuat pasangan masing-masing dan menghitung jumlah foto yang berisi atau mereferensikan pasangan atau hubungan (misalnya, foto pasangan, foto cincin pertunangan).

Pasangan bahagia memposting hubungan mereka. (123RF/dolgachov )

Mereka juga bertanya kepada peserta studi seberapa besar mereka memperhatikan calon pasangan alternatif lain di Instagram. Secara khusus, mereka bertanya seberapa sering mengirim pesan ke akun Instagram lain atau likes dan mengomentari fotonya. Mereka juga bertanya kepada peserta seberapa sering mereka benar-benar mengejar atau mempertimbangkan untuk mencari alternatif pasangan di Instagram.

Seperti diberitakan psychologytoday.com (15/3), hasil studi menunjukkan pasangan yang bahagia lebih cenderung memposting tentang hubungan mereka dan mengomentari dan menyukai postingan satu sama lain. Jadi, tingkat kepuasanmu dan pasangan mungkin terkait dengan seberapa sering kamu berinteraksi satu sama lain di Instagram dan seberapa sering kamu memposting tentang hubunganmu.

Baca juga:

Mesra di Media Sosial Tanda Hubungan tak Bahagia?

Di sisi lain, bila seseorang makin merasa tersedia alternatif pasangan yang diinginkan, semakin kecil kemungkinan mereka dan pasangan memposting tentang hubungan percintaan. Mereka juga semakin minim terlibat dengan konten Instagram satu sama lain. Selain itu, mereka akan sering terlibat dengan konten orang lain.

Orang yang mengira ada banyak ikan di laut, lebih cenderung mengomentari dan menyukai, atau bahkan mengirim pesan langsung ke pengguna Instagram tentang hubungan percintaan yang mereka sukai.

Pasangan bahagia lainnya juga menyimpan kemesraan mereka dari media sosial. (Foto: 123RF/fizkes)

Hal ini konsisten dengan penelitian lain yang menunjukkan bahwa orang yang percaya bahwa mereka masih punya alternatif pasangan yang layak, cenderung menyimpan hubungan dari media sosial. Namun, pengejaran calon pasangan lainnya pun juga tidak terlalu mungkin untuk secara aktif dilakukan melalui Instagram. Faktanya, mengejar alternatif pasangan di Instagram cukup jarang.

Meskipun hasil studi ini tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa orang menampilkan versi ideal hubungan mereka di Instagram, para peneliti menyarankan bahwa citra Instagram yang ditampilkan seseorang tentang hubungan mereka memang mencerminkan kenyataan.

Sehingga, pasangan yang terus-menerus memposting foto satu sama lain di Instagram mungkin akan sangat bahagia dengan hubungan mereka. Dan, mungkin pengikut Instagram yang kamu miliki yang tampaknya terlalu tertarik dengan postinganmu tidak begitu bahagia dengan hubungan percintaan mereka saat ini. (aru)

Baca juga:

Apa Harus Selalu Pria yang Membayar Segala Kebutuhan?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Suka Dekor Rumah? Yuk Intip 5 Akun Instagram Ini Untuk Menambah Inspirasimu
Home Lifestyle
Simpan Makanan Berlebih saat Ramadan
Kuliner
Simpan Makanan Berlebih saat Ramadan

Selain menghemat uang, menyimpan makanan berlebih juga bisa berdampak baik bagi lingkungan sekitar kamu.

Video Klip Inside Friend Milik Leon Bridges dan John Mayer Hanya Direkam Menggunakan iPhone
ShowBiz
Video Klip Inside Friend Milik Leon Bridges dan John Mayer Hanya Direkam Menggunakan iPhone

Telah melakukan karantina selama lebih dari tiga bulan, apakah kini kamu menjadi nyaman dan relate dengan model kencan ala Bridges dan Mayer?

Masakan Asin Dianggap Kebelet Kawin
Fun
Masakan Asin Dianggap Kebelet Kawin

Masak keasinan dianggap ingin kawin.

Kenali Manfaat Baca Buku Digital Lewat Gawai
Fun
Kenali Manfaat Baca Buku Digital Lewat Gawai

Membaca buku digital lewat gawai sangat bermanfaat, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa

Fashion Show ala New Normal oleh Dior
Fashion
Fashion Show ala New Normal oleh Dior

Pelaku industri fesyen memang harus memutar otak.

Peti Mati Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berlapis Timah, Ada Alasannya
Fun
Peti Mati Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berlapis Timah, Ada Alasannya

bangsawan Inggris biasanya dimakamkan di peti mati berlapis timah. Apa alasannya?

Para Idola K-Pop yang Menjelma Jadi Aktor dan Aktris Drama Musikal
ShowBiz
Para Idola K-Pop yang Menjelma Jadi Aktor dan Aktris Drama Musikal

Beberapa dari mereka bisa menjadi idola sekaligus aktor drama musikal.

Koleksi Mobil G-Dragon Senilai Rp19 miliar
ShowBiz
Koleksi Mobil G-Dragon Senilai Rp19 miliar

pria bernama asli Kwon Ji-yong tersebut dikenal sebagai salah satu artis paling produktif.

Jaga Kewarasan, Bangun Aquascape
Fun
Jaga Kewarasan, Bangun Aquascape

Untuk tetap waras, hobi membuat aquascape menjuahkan kegilaan terkungkung pandemi.