Hadapi Kritik dengan Anggun, ini Caranya Tak mudah menerima kritik, tapi kamu bisa menghadapinya dengan anggun.(Foto: Pixabay/geralt)

BANYAK teori yang mengatakan manusia itu aneh. Ingin menjadi lebih baik, dan ingin mendapatkan banyak penghargaan, tapi tidak mau menerima kritik atau saran dari orang lain.

Jika ada seseorang yang memberikan kritikan atau saran, kita cenderung menolaknya bahkan cenderung untuk tidak mendengarkan.

Namun percayalah, kritik orang lain itu perlu untuk melihat sejauh mana diri kamu dewasa dalam menghadapi suatu situasi.

Kritik juga dapat menjadi saatnya kamu intropeksi diri atas apa yang telah kamu lakukan. Bagaimana sih seharusnya bersikap untuk menerima kritik dari orang lain?

1. Dengarkan

menerima kritik orang lain
Dengarkan apa yang orang lain katakan terhadapmu (Foto: Pixabay/jamesoladujoye)


Poin pertama merupakan poin paling penting, kalau kamu sedari awal sudah malas mendengarkan orang lain dan tidak menghargainya, ujung-ujungnya kritikan yang diberikan hanya akan sia-sia dan kamu akan mengulangi hal yang sama.

Cobalah untuk secara terbuka mendengarkan orang lain, dengarkan dengan baik apa yang berusaha disampaikan dan apa yang menjadi masalah utama oleh orang tersebut hingga memberikanmu kritikan.

2. Atur emosi

mendengarkan kritik orang lain
Atur emosi sebelum mendengarkan kritikan orang lain (Foto: Pixabay/AbsolutVision)


Hal yang satu ini tidak kalah penting, kalau kita sudah mendengar orang lain memberikan kritikan kita cenderung untuk langsung emosi dan berdebat dengan orang tersebut.

Atur emosimu, jangan langsung marah atau berdebat dengan orang tersebut. Ingat akan poin pertama, cobalah dengarkan terlebih dahulu dengan kepala dingin.

Kritik seringkali bukanlah masalah benar atau salah, melainkan untuk menjadikanmu seseorang yang lebih baik.

3. Tetap berpikir positif

mendengarkan kritik orang lain
Tetap positif meskipun kritikan yang menyakitkan sekalipun (foto: Pixabay/rawpixel).


Poin yang satu ini berkesinambungan dengan kedua poin di atas. Usahakan untuk selalu berpikiran positif terhadap orang lain.

Meskipun ia memberikan kritikan yang menurutmu tidak layak, cobalah untuk tetap positif dan jangan lihat sisi negatif yang nantinya akan memperkeruh suasana.

4. Fokus Untuk mencari solusi

mendengarkan kritik orang lain
Tawarkan solusi daripada fokus berdebat (foto: Pixabay/PublicDomainPictures)


Daripada kamu fokus untuk berdebat menang atau kalah, lebih baik kamu mencari solusi akan kritikan tersebut.

Berusahalah untuk menawarkan solusi atas kritikan tersebut dengan begitu kamu akan menunjukkan rasa tanggung jawab daripada terus berdebat yang tidak penting.

5. Ucapkan maaf dan terima kasih bila perlu

menerima kritik dari orang lain
Ucapkan terima kasih karena telah meluangkan waktu untukmu (Foto: Pixabay/rawpixel)


Jika memang kamu salah, jangan sungkan untuk ucapkan kata maaf. Bahkan jika kamu tidak salah sekalipun, tetaplah mengucapkan maaf dan terima kasih karena sudah memiliki niat baik untuk mengingatkanmu dan memberikan kritikan yang membangun. (ver)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH