Bagaimana Cara Nikmati Seni Modern Bersama Anak-anak? Kota-Kota Ini Andalannya MACBA Museu d'Art Contemporani de Barcelona. (Foto: iinstagram.com/ssoliloquy)

ADA banyak museum seni modern terkemuka di dunia mendorong dan menginspirasi generasi berikutnya untuk terlibat dengan seni. Dikutip Booking.com, berikut adalah kota-kota paling berperingkat di dunia untuk menikmati seni modern dengan anak-anak.


1. MONA, Hobart, Australia

MONA, Homart. (Foto: instagram/jessehunniford)
MONA, Homart. (Foto: instagram/jessehunniford)

Meskipun sering digambarkan sebagai galeri seni kontemporer terbaik di dunia, Museum of Old and New Art (MONA) di Hobart, Tasmania, jarang terdengar di luar Australia. Anak mana yang enggak senang saat menonton Poo Machine dalam koleksi permanen, sebuah seni instalasi oleh seniman Belgia Wim Delvoye yang meniru fungsi sistem pencernaan manusia. Gratis masuk ke MONA di bawah 18 tahun.

Baca Juga: Destinasi Pasar Terapung Keren di Indonesia, Wajib Didatangi Nih


2. Tate Modern, London, Inggris

London Tate Modern. (Foto: instagram.com/dr_charles_c_cui)
London Tate Modern. (Foto: instagram.com/dr_charles_c_cui)

London Tate Modern adalah salah satu galeri paling ramah keluarga di dunia. Di lokasi tepi sungai South Bank, Tate Modern memiliki aura tenang yang menghipnotis, berkat ukurannya, cahaya alami mengalir di dalam, dan ruang hijau di sekitar bangunan. Galeri ini juga memiliki pendekatan sangat ramah kepada para pengunjung yang lebih muda, mengundang anak-anak untuk duduk di lantai, menawarkan pameran interaktif, gambar digital, seluruh situs web yang didedikasikan untuk kegiatan anak-anak, dan program keluarga sepanjang tahun.


3. Guggenheim, Bilbao, Spanyol

Guggenheim di Bilbao. (Foto: instagram.com/eliana810)
Guggenheim di Bilbao. (Foto: instagram.com/eliana810)

Gedung Guggenheim adalah mahakarya arsitektur abstrak futuristik yang terbuat dari panel titanium melengkung, tercermin pada air Sungai Nervion, di Bilbao. Berdiri di depan museum, patung laba-laba raksasa, Maman, karya seniman Louise Bourgeois yang menjadi sosok yang mengintimidasi dan membangkitkan minat. Sementara anak-anak pasti akan menyukai Jeff Koons "Puppy", patung westie dari bunga yang bertengger lucu di teras.

Baca Juga: Kota-Kota Ini Cocok Dikunjungi untuk Kamu yang Suka Bersepeda

4. MoMA, New York, AS

MoMA New York.(Foto: instagram.com/themuseumofmodernart)
MoMA New York. (Foto: instagram.com/themuseumofmodernart)

Galeri kontemporer bergengsi di NYC ini sangat luar biasa menginspirasi anak-anak muda. Ada Education and Family Information Desk di mana kamu dapat mengambil panduan keluarga gratis dan mencari tahu tentang jadwal Program Keluarga, termasuk acara Closer Look for Kids gratis, yang melibatkan diskusi dan kegiatan tentang seni kontemporer. Ada juga Lab Seni MoMA dengan kegiatan interaktif untuk pengunjung yang berumur empat tahun, juga wisata audio yang dirancang untuk anak-anak dan remaja.


5. MACBA, Barcelona, Spanyol

MACBA Barcelona. (Foto: instagram.com/candicesimone)
MACBA Barcelona. (Foto: instagram.com/candicesimone)

Di sini, ada area yang diperuntukkan bagi anak-anak, orang-orang tunanetra, dan siapa pun dengan keingintahuan kompulsif, di mana kamu dapat menyentuh semua instalasi, pahatan, dan lukisan. Ada juga aplikasi gratis untuk ponsel dan iPad yang menawarkan konten audio, video, visual, serta lokakarya keluarga. Anak-anak bisa berkegiatan di banyak ruangan dengan fitur-fitur seperti proyeksi animasi di dinding. (*)

Baca Juga: Ikut Aturan di Museum, Jangan Bandel!

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy