Bagaimana Bila Ortu Mengalami Krisis Hubungan? Pahami bila ortu kamu memiliki masalah. (Foto: Pexels/Pixabay)

SEBAGAI anak kadang masih dianggap bayi saja oleh orangtua, meskipun sudah melewati masa remaja. Apalagi bila orangtua mengalami krisis hubungan. Posisi anak terkadang tidak masuk hitungan dalam menyelesaikan masalah.

Menasihati tak akan pernah didengar oleh orangtua. Tapi kamu bisa membantu untuk mencairkan suasana mereka yang sedang dingin-dinginnya. Sepertinya kamu harus memberikan pesan ini.


1. Dengarkan curhat ortu kamu

ortu
Selalu berusaha untuk meluangkan waktu dengan ortu. (Foto: Pexels/Matthias Zomer)

Walaupun terkesan aneh untuk mendengarkan curahan hati orangtua, namun hal ini dapat membuat mereka lebih tenang. Orangtuamu mungkin tidak menceritakan permasalahan ini ke teman atau saudaranya, kamu sebagai orang terdekatnya bisa memberikan telingamu untuknya. Ini jauh lebih baik daripada orangtuamu menyimpan masalahnya.

2. Menjadi orang yang selalu ada di sisinya

cewek
Selalu ada bila ortu kamu butuh kehadiran kamu. (Foto: Pixabay/donwhite84)

Orang tuamu mengalami masa-masa terkejam pada dirinya, entah itu berupa hinaan, intimidasi, dan bahkan kekerasan fisik pun sudah biasa dalam pertengkaran yang kelam ini. Menyemangatinya dengan memberikan pesan jika ia sedang sedih akan membuatnya lebih tenang. Seperti "Semua akan baik-baik saja, kan ada aku yang masih menyayangimu", ini akan membuat orangtuamu bisa lebih bersyukur akan kehadiranmu dikala dirinya susah.

3. Ajak ortumu keluar jalan-jalan atau sekedar makan bareng

cewek
Lakukan video call ke ortu yang bisa jadi menghiburnya. (Foto: Pixabay/cuncon)


Mengajak orangtuamu pergi jalan-jalan akan membuat dirinya lebih tenang. Bisa jadi dapat melupakan masalah-masalah yang ia hadapi sejenak waktu. Cobalah kirim pesan seperti "Restoran ini enak! Yuk kita ke sana malam ini!". Ini akan membuat dirinya menerima tawaranmu untuk pergi ke restoran itu. Kalau memang jarak kamu jauh, sebaiknya video call menanyakan kabarnya atau sekedar menceritakan rutinitas.

4. Jadi pelawak untuk ortu kamu

gambar
Kirim meme yang lucu. (Foto: Pixabay/Merio)


Tertawa memang obat yang terbaik. Cobalah beri orang tuamu foto GIF ataupun meme lucu yang kamu dapatkan di media sosialmu. Tetapi janganlah memberikan ia meme yang receh, takutnya dia tidak mengerti maksud dari meme itu. Jangan berikan meme soal cinta, takutnya orang tuamu akan sedih jika melihat meme itu. (dnz)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH