Baekhyun EXO Muncul di Buku Pelajaran Baekhyun muncul di buku pelajaran (Sumber: Vupics)

VOKALIS utama EXO, Baekhyun merupakan salah satu vokalis paling berbakat di industri hiburan Korea. Baekhyun kerap kali menghiasi surat kabar dan layar kaca. Tak hanya sebatas itu, namanya pun muncul di sebuah buku pelajaran. Di buku tersebut, kemampuan vokalnya menjadi sorotan.

Baekhyun muncul di buku pelajaran
Baekhyun muncul di buku pelajaran (Foto: Ist)

Pada pembukaan, penulis dalam buku tersebut menggunakan kalimat positif. Ia menulis Baekhyun memiliki suara yang maskulin dan cerah. Buku tersebut juga menjelaskan range vokal suara Kyuhyun yang tinggi. Namun di paragraf berikutnya, penulis mendeskripsikan teknik bernyanyi Baekhyun dengan kalimat yang negatif.

"Kadang-kadang ia bisa sedikit ceroboh saat bernyanyi dan menghasilkan suara yang sengau," demikian tulisan yang terlihat di buku pelajaran tersebut.

Baca juga:

Album 'Music To Be Murdered By' dari Eminem Siap Dirilis

Baekhyun Koreaboo
Kemampuan bernyanyi Kyuhyun jadi sorotan (Sumber: Koreaboo)

Kalimat tersebut tentu membuat penggemar sedikit terganggu. Hal itu karena butuh waktu bertahun-tahun kerja keras bagi Baekhyun untuk mengasah kemampuan vokalnya. Pemilihan kata 'ceroboh' seolah menghilangkan perjuangan dan kerja keras Baekhyun dalam berlatih vokal.

Para penggemar menilai ada kalimat lain yang jauh lebih baik dan bisa digunakan untuk menggambarkan kekurangan Baekhyun. "Ada istilah lain yang bisa digunakan agar Baekhyun tetap terlihat profesional," ujar salah satu penggemar yang kecewa dengan konten buku pelajaran tersebut.

Baca juga:

Pesan Menyentuh Member BTS untuk Diri Mereka di Masa Lalu

Baekhyun
Kemampuan vokal Baekhyun (Sumber: Sunlight)

Tak semua penggemar menanggapi hal tersebut secara negatif. Ada pula penggemar yang bersikap netral dalam menyikapi isi buku tersebut. "Sepertinya itu adalah buku yang dirancang khusus untuk pelajaran musik sehingga menjelaskan aspek positif dan negatif dari vokalnya," tutur seorang penggemar.

Baca juga:

Dijuluki Sebagai Vampir, Idola Korea Ini Tak Menua Meski Lebih dari Satu Dekade

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH