Badan Usaha Bakal Dibentuk Buat Lancarkan Pembangunan IKN Nusantara Kawasan Ibu Kota Negara Indonesia yang baru di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. ANTARA/Bagus Purwa

MerahPutih.com - Pemerintah terus melakukan berbagai upaya agar investor segera menamkan modalnya di pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, setelah pemerintah membentuk Badan Otorita IKN.

Dalam Rencana Induk IKN disebutkan pembangunan IKN akan terjadi dalam 5 tahap, yaitu tahap I pada 2022-2024 untuk pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur dasar, dan pembangunan ekonomi serta relokasi TNI, Polri dan BIN; tahap II pada 2024-2029 dengan target fasilitas transportasi umum primer maupun sekunder sudah siap dipakai.

Baca Juga:

Catatan Kritis AHY Terkait Proyek IKN Nusantara dan Kereta Cepat

Tahap III pada 2030-2034 dengan target penyelesaian sistem angkutan umum massal, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), instalasi pengolahan air minum (IPAM), fasilitas penunjang kota spons, pengolahan sampah, penambahan amenitas digital dan perkotaan.

Tahap IV pada 2035-2039 dimulai pengembangan bidang pendidikan dan kesehatan serta penyelesaian pembangunan kereta api regional dan bendungan multiguna. Tahap V pada 2040-2045 yang ditandai dengan pengembangan industri berkelanjutan serta pertumbuhan penduduk yang telah stabil.

Presiden Joko Widodo berencana akan mengundang langsung calon-calon investor potensial untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sudah menyatakan diri ingin berpartisipasi melalui letter of interest.

"Kami menerima cukup banyak letter of interest untuk berpartisipasi dari berbagai macam jenis investasi," kata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono di Jakarta, Selasa (4/10).

Bambang tengah menyiapkan tiga kelengkapan di IKN, yaitu rancangan peraturan pemerintah, badan usaha milik otorita, dan sosialisasi peluang investasi (jajak pasar).

"Karena kita ingin membuat satu ekosistem yang lengkap jadi mereka yang ingin membuka sekolah, fasilitas kesehatan. Sekolah dari SD, SMP, SMA hingga universitas, kesehatan itu dari RS hingga klinik, berbagai jenis mal, berbagai jenis untuk keperluan sehari-hari,"

Menurut Bambang, jajak pasar yang akan dilakukan Presiden Jokowi akan dilakukan untuk investor dalam dan luar negeri.

"Investor dalam negeri, tapi tentunya mereka juga menggandeng ya, dan kita akan undang sejumlah duta besar yang membawa calon-calon investor," tambah Bambang .

Badan Otorita IKN, sedang menyiapkan badan usaha milik otorita yang akan bermitra dengan para investor dan pelaku usaha sehingga memiliki kelincahan dalam aktivitas usaha.

"Dalam waktu dua tiga minggu ke depan, kita akan melihat bagaimana istilahnya 'repurposing' dan 'refocusing' dari satu badan usaha yang sekarang BUMN untuk menjadi satu badan usaha yang disesuaikan kebutuhan IKN,"

Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa mengatakan PT. Bina Karya (Persero) selaku salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa konsultasi teknik konstruksi masuk sebagai salah satu kandidat badan usaha milik otorita.

"Kita akan menggunakan BUMN yang eksis jadi sudah 'discreen' dan diberikan tugas kepada PT Danareksa dan kemudian dapat empat perusahaan. Dari empat itu misalnya sekarang ini PT Bina Karya (Persero). Bina Karya ini nanti ada tujuannya 'direfocusing' lagi, sekaligus mengubah PP Nomor 31 Tahun 1962 yang penting sudah ada persetujuan dari Presiden dan nanti mungkin dikonsultasikan ke DPR," kata Suharso.

IKN sendiri mencakup wilayah daratan seluas sekitar 256.142 hektare dan wilayah perairan laut seluas sekitar 68.189 hektare yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur. (Knu)

Baca Juga:

Produk Dalam Negeri Bakal Dominasi Pembangunan IKN Nusantara

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pemerintah Klaim Tak Ada Kenaikan Kasus Signifikan Usai MotoGP
Indonesia
Pemerintah Klaim Tak Ada Kenaikan Kasus Signifikan Usai MotoGP

Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotogGP Mandalika telah selesai digelar dengan sukses, selama Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3) lalu.

Pengamanan  KTT G20 Jadi Pertarungan Polisi
Indonesia
Pengamanan KTT G20 Jadi Pertarungan Polisi

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono memimpin langsung pemaparan Tactical Floor Game (TFG) Roll Akhir kesiapan G20 di Polda Bali.

Dua Menteri Mundur, Pemerintahan PM Inggris Boris Dalam Krisis
Dunia
Dua Menteri Mundur, Pemerintahan PM Inggris Boris Dalam Krisis

Setelah Menteri Keuangan Rishi Sunak menyatakan mundur, menyusul Menteri Kesehatan Sajid Javid juga melakukan hal yang sama.

Anies Masih Bungkam Soal Implementasi Target DP 0 Rupiah
Indonesia
Anies Masih Bungkam Soal Implementasi Target DP 0 Rupiah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum mau menjelasan kelanjutan program Rumah DP 0 Rupiah yang diteruskan Gubernur DKI berikutnya.

Keluarga Dengar Eril Sempat Minta Tolong saat Terbawa Arus Sungai
Indonesia
Keluarga Dengar Eril Sempat Minta Tolong saat Terbawa Arus Sungai

Hingga hari ini, Sabtu (28/5), pencarian terhadap putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz masih terus dilakukan melibatkan aparat gabungan Swiss. Pihak keluarga besar, Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, yang diwakili oleh Elpi Nazmuzaman (adik kandung Ridwan Kamil) menuturkan bahwa anak sulung Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sempat berteriak "help" (tolong) sebelum akhirnya hanyut terbawa arus Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis(26/5).

Gubernur Anies Ganti Dirut PAM Jaya yang Baru Menjabat 7 Bulan
Indonesia
Gubernur Anies Ganti Dirut PAM Jaya yang Baru Menjabat 7 Bulan

Baru menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya selama 7 bulan, Syamsul Bachri Yusuf sudah dilengserkan oleh Gubernur Anies Baswedan.

Jelang Nataru, 22.000 Kendaraan Masuk Wilayah Jateng
Indonesia
Jelang Nataru, 22.000 Kendaraan Masuk Wilayah Jateng

“Sudah ada 22.000 kendaraan yang melintas. Biasanya arus masuk sekitar 14.000. Berarti ada kenaikan sekitar 70 persen," papar dia.

Soal Jadi Capres 2024, Jenderal Andika: Saya Masih Panglima TNI
Indonesia
Soal Jadi Capres 2024, Jenderal Andika: Saya Masih Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merupakan salah satu dari tiga bakal calon presiden (bacapres) yang akan diusung Partai NasDem dalam Pilpres 2024.

KPK Duga Rahmat Effendi Bangun Glamping Pakai Duit dari Camat-ASN
Indonesia
KPK Duga Rahmat Effendi Bangun Glamping Pakai Duit dari Camat-ASN

Rahmat Effendi diduga membangun tempat berkemah mewah (glamping) dengan uang dari camat dan aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Bekasi.

Rupiah Bakal Dekati Rp 15.200 Per Dolar AS
Indonesia
Rupiah Bakal Dekati Rp 15.200 Per Dolar AS

rupiah akan terus terdepresiasi bulan ini dengan target harga pertama Rp 15.000 per dolar AS dan target harga kedua Rp 15.200 per dolar AS