Headline

Badan Meteorologi Arab Saudi Peringatkan Terjadi Banjir di Makkah

Eddy FloEddy Flo - Senin, 20 Agustus 2018
 Badan Meteorologi Arab Saudi Peringatkan Terjadi Banjir di Makkah
Hujan lebat mengguyur kompleks Masjidil Haram, Makkah (Foto: Screenshot Al Akhbariya TV)

MerahPutih.Com - Kota Makkah, Arab Saudi diprediksi dilanda banjir menyusul hujan lebat di kawasan tersebut sejak Ahad malam. Badan Meteorologi Arab Saudi melalui saluran televisi Al Akhbariya mengumumkan kemungkinan banjir akibat cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi itu memprakirakan bahwa cuaca yang tidak stabil yang menyelimuti Makkah, Minna dan Arafah berlangsung sampai malam. Hujan turun saat sebanyak dua juta orang berada di tenda di Minna untuk melaksanakan Ibadah Hari Tarwiyah.

Tak ada peringatan yang dikeluarkan berkaitan dengan kesepalamatan jemaah calon Haji, yang dijadwalkan menuju Padang Arafah saat fajar Senin waktu setempat.

Hujan dan angin kencang di kawasan Ka'bah
Banjir akibat hujan lebat dan angin kencang di Kompleks Masjidil Haram (Foto: Screenshot youtube.com)

Gambar yang ditayangkan stasiun televisi Al Arabiya di media sosial memperlihatkan Kiswah Ka'bah, kain yang menyelimuti Ka'bah, terbuka akibat kuatnya hembusan angin di Makkah pada Ahad malam.

Musim Haji berlangsung di Arab Saudi dengan pengamanan ketat dan standar keselamatan tinggi untuk menjamin keselamatan jemaah.

Tenda jemaah haji untuk wukuf di Arafah diguyur hujan dan diterpa angin saat waktu Shalat Maghrib waktu setempat.

Sebagaimana dilansir Antara dari Xinhua, Senin (20/8) sebelum hujan turun angin kencang menerpa daerah di sekitar perkemahan jemaah calon haji Indonesia.

Saat jemaah wudhu untuk shalat Maghrib, pengumuman beberapa kali dikeluarkan agar jemaah tetap berada di tenda seiring terpaan angin yang menerbangkan debu di kawasan Padang Arafah.

Akibat hujan tersebut, listrik di sekitar tenda Arafah juga mati, tapi tidak jelas apakah listrik padam berkaitan dengan mesin diesel pembangkit listrik yang terdampak hujan.

Kendati demikian, aktivitas jemaah calon haji tetap berlangsung seperti biasa. Mereka tetap melangsungkan Salat Maghrib di tenda yang difungsikan sebagai musholla sebagaimana biasa.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ketua Umum PPP Romahurmuziy Mangkir dari Panggilan KPK

#Ibadah Haji #Arab Saudi #Cuaca Buruk #Jemaah Haji
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan