Kesehatan

Badan Berlemak Bukan Penghalau Dingin

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 17 Februari 2018
Badan Berlemak Bukan Penghalau Dingin
Dibutuhkan massa otot yang banyak untuk menghalau dingin. (Foto: Medical News Today)

ADA anggapan bila badan yang menyimpan lemak banyak akan mampu lebih menghalau dingin. Ternyata tidak sama sekali benar.

Riset dari Universitas Cambridge menunjukan bahwa massa otot adalah yang mampu membuat tubuh menghalau dingin.

Stephanie Payne yang mengepalai riset dari universitas itu menemukan bahwa jumlah massa otot yang banyak dapat memberikan kehangatan pada tubuh. Mereka melakukan riset dengan merendam tangan pria, perempuan dan anak-anak dalam air dingin selama tiga menit.

Mereka menemukan jika tangan pria bisa lebih dahulu hangat, sedangkan tangan perempuan dan anak-anak masih terasa dingin. Ini menunjukan bahwa tangan pria dengan massa otot yang leboih banyak mampu mengembalikan kehangatan lebih cepat. Ini dibutikan oleh periset melalui kamera thermal.

dingin
(Foto: Active)

Hasil ini cukup mengejutkan periset, sebab diyakini bahwa lemak menempati posisi penting untuk memberikan kehangatan pada tubuh ketika suhu turun.

Payne menyebutkan pada Dailymail, perempuan dan anak-anak harus memiliki barang-barang yang dapat memberikan kehangatan pada tubuh. Ini karena perempuan dan anak-anak memiliki massa oot yang lebih rendah.

Riset yang baru pertamakali dilakukan ini meneliti sekitar 114 partisipan yang mau memasukan tangannya ke air dingin. Tangan digunakan karena permukaannya yang lebar dan mampu menghadapi air dingin itu. Partisipan itu berumur antara 18-50 tahun yang harus diukur terlebih dahulu vital statistiknya dan komposisi lemak dan otot.

Tujuannya adalah mempelajari besar dan komposisi tubuh ketika kehilangan panas. Kemudian kemampuan untuk menghangatkan kembali tangan itu yang terkena suhu dingin. (psr)

#Air Dingin
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan