Teknologi

Backup Data WhatsApp akan Berbayar

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 16 November 2023
Backup Data WhatsApp akan Berbayar
Fitur backup chat akan berbayar pada akhir 2023. (Foto: Unsplash/Dima Solomin)

BIASANYA ketika data chat kamu di WhatsApp sudah mulai banyak, akan ada opsi untuk mencadangkan chat tersebut ke cloud untuk menyimpan semua history chat-mu.

Ketika kamu membeli ponsel baru dan ingin memindahkan data chat kamu di ponsel sebelumnya, kamu cukup login dengan e-mail dan pilih opsi Restore Chat atau pulihkan obrolan. Secara otomatis, chat-mu akan masuk ke ponsel baru.

Sejak fitur ini diluncurkan beberapa tahun lalu, fitur ini tersedia secara gratis. Namun, kabar baru datang dari Andorid Authority bahwa pada Desember 2023, fitur ini akan berbayar. Melansir Andorid Authority, pencadangan obrolan di WhatsApp tidak akan tergantung pada penyimpanan Google Drive.

Baca juga:

WhatsApp akan Hadirkan Fitur Dua Akun dalam Satu Ponsel

Umumnya pencadangan obrolan whatsapp menggunakan google driver. (Foto: Unsplash/Deeksha Pahariya)
Umumnya pencadangan obrolan whatsapp menggunakan google driver. (Foto: Unsplash/Deeksha Pahariya)

Umumnya penyimpanan Google Drive berisi 15 GB secara gratis. Namun, penyimpanan tersebut sudah sekaligus e-mail, Google Photo, dan lainnya. Jika memasukan chat WhatsApp mungkin 15 GB tidak akan cukup.

Melansir Indiana Expess, kebijakan baru ini sudah berlaku untuk pengguna WhatsApp versi beta, dan hal yang sama akan diterapkan untuk pengguna reguler dalam beberapa bulan mendatang.

Perubahan ini bukanlah hal yang baru, karena WhatsApp sudah lama membatasi cadangan obrolan di perangkat iOS pada kuota penyimpanan yang tersedia di iCloud, yaitu hanya 5 GB pada tingkat gratis.

Baca juga:

WhatsApp Luncurkan Fitur Login dengan Passkey di Android

Pengumuman dari jurnalis android authority. (Foto: X)
Pengumuman dari jurnalis android authority. (Foto: X)

Sebenarnya Google sudah menyiapkan opsi Cloud Unlimited, tetapi fitur tersebut berbayar. Untuk saat ini kamu masih bisa menggunakan pencadangan gratis lewat Google Drive.

Jika Google Drive-mu sudah penuh, maka kamu perlu menghabus obrolan yang tidak terlalu penting di WhatsApp agar file backup tidak terlalu besar.

WhatsApp memberikan opsi kepada pengguna untuk membuat cadangan hanya untuk pesan teks tanpa memasukan media seperti foto dan video. Hal ini dapat mengurangi ukuran cadangan obrolan.

Jika kamu tidak ingin mencadangkan file kamu ke Google Drive, maka kamu bisa buka Pengaturan > Obrolan > Pencadangan obrolan dan ubah pengaturan Pencadangan ke Google Drive ke "Tidak Pernah".

Perlu diingat bahwa hal ini benar-benar tidak akan mencadangkan data obrolan sama sekali. Jika ponselmu rusak, maka kamu akan memulai kembali dari awal. (aqb)

Baca juga:

Whatsapp Hadirkan Fitur Channel

#WhatsApp #Teknologi
Bagikan
Bagikan