Babak Baru Seleksi KPU-Bawaslu, Calon Bakal Jalani Tes Wawancara dan Kesehatan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 24 Desember 2021
Babak Baru Seleksi KPU-Bawaslu, Calon Bakal Jalani Tes Wawancara dan Kesehatan
Timsel menggelar sosialisasi teknis tes kesehatan dan tes wawancara kepada para calon anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027. (ANTARA/HO-Timsel calon anggota KPU-Bawaslu RI)

MerahPutih.com - Setelah menggelar sejumlah rangkaian tes, tim seleksi (timsel) calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Dalam waktu dekat, timsel akan menggelar tes wawancara dan tes kesehatan bagi para peserta.

"Tes kesehatan dan juga tes wawancara yang akan mulai diselenggarakan mulai tanggal 26 Desember tahun ini," kata anggota timsel Betty Alisjahbana kepada wartawan, Jumat (24/12).

Baca Juga:

48 Nama Lolos Seleksi Tes Tahap II Calon Pimpinan KPU dan Bawaslu

Secara lengkap jadwal tersebut disampaikan Betty yakni tes wawancara dilaksanakan pada Minggu-Kamis, 26-30 Desember 2021.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan mulai pukul 07.30 WIB di Ruang Sasana Bakti Praja Gedung C lantai 3 Kemendagri, Jakarta Pusat.

Sementara, tes kesehatan dilaksanakan pada Senin, 27-30 Desember 2021. Jadwalnya mulai pukul 07.00 WIB bertempat di ruang MCU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

"Jadi pada intinya adalah untuk wawancara dimulai dengan bakal calon Bawaslu. Sementara, kesehatan akan dimulai dengan KPU," ujarnya.

Sekadar informasi, sebanyak empat anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan empat anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang masih menjabat saat ini lolos tes tertulis dan psikologi untuk menjadi bakal calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Dua anggota Bawaslu, yakni Ketua Bawaslu Abhan dan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin lolos ke tahap berikutnya dalam seleksi untuk menjadi bakal calon anggota KPU.

Baca Juga:

Skrining Wajah Diterapkan dalam Tes Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Sementara empat Komisioner KPU yang lolos dalam seleksi anggota KPU, yakni Ilham Saputra, Hasyim Asy'ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Viryan Azis.

Sementara dalam seleksi bakal calon anggota Bawaslu, dua petahana yakni yakni Fritz Edward Siregar dan Rahmat Bagja lolos ke tahap berikutnya.

Adapun secara keseluruhan timsel sudah meloloskan 28 bakal calon anggota KPU dari tes tertulis dan psikologi, sementara untuk Bawaslu sebanyak 20 orang lolos tes tersebut.

Sebanyak 28 orang bakal calon anggota KPU itu terdiri dari 18 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang berhasil lolos tes tertulis dan psikologi.

Sementara untuk bakal calon anggota Bawaslu terdiri dari 14 orang laki-laki dan enam perempuan. (Knu)

Baca Juga:

629 Orang Lolos Administrasi Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu

#Bawaslu #KPU
Bagikan
Bagikan