Azwar Anas Ziarah ke Makam Bung Karno

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 18 Oktober 2017
Azwar Anas Ziarah ke Makam Bung Karno
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) dan pasangannya Azwar Annas. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur dari PDIP Abdullah Azwar Anas melakukan ziarah ke makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, yang dilakukan sebagai rangkaian kegiatan menjelang Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2018.

"Ini kunjungan pertama kami setelah kemarin ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur," kata Azwar Anas setelah ziarah di makam Bung Kanor, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Rabu (18/10).

Penting bagi semua untuk menyerap inspirasi dari Bung Karno. "Beliau bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita seharusnya berpikir sebagai sebuah bangsa," ujarnya seperti dilansir Antara.

Anas mengatakan, ajaran Bung Karno menekankan perhatian pada program kerakyatan sekaligus menjaga bingkai ke-Indonesiaan bahwa negeri ini bukan hanya milik satu kelompok, tapi milik semuanya. Bung Karno juga menginginkan kebhinekaan tetap terjaga dan tidak terkoyak.

"Dan itu yang harus kita tanamkan betul, terutama pada generasi muda, di era media sosial yang sekarang banyak sekali ujaran kebencian," ujar Bupati Banyuwangi ini.

Anas mengatakan, dalam memimpin Kabupaten Banyuwangi juga terdapat program "Ziarah Kebangsaan" yang secara berkala memberangkatkan para pelajar untuk berziarah. Tujuannya juga beragam di antaranya ke makam Bung Karno.

Ia ingin agar anak-anak muda menyerap inspirasi dari Bung Karno. Hal itu bisa menjadi bekal untuk membentuk sikap berkebangsaan, menjadikan mereka sebagai anak muda yang siap menjaga negeri.

Anas juga menambahkan sengaja berkunjung ke Blitar bertemu para tokoh dan kepala daerah dengan harapan bisa saling berbagi tentang program. Dengan itu, diharapkan ada inspirasi menarik yang bisa dimanfaatkan untuk membangun Banyuwangi bahkan Jatim.

Sementara itu, Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar yang juga Ketua DPC PDIP Kota Blitar ini mengaku sangat menyambut baik kedatangan Bupati Banyuwangi tersebut. Bahkan dengan para kader, ia juga siap menyukseskan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas dalam Pilkada Jatim 2018.

"Kami siap mendukung, dan pasti bekerja secara sistematis untuk mengamankan rekomendasi partai," ujar Samanhudi.

Bupati Blitar Rijanto juga menyatakan hal yang sama, siap menyukseskan pasangan Gus Ipul-Anas. Para kader juga siap gotong royong memenangkan pasangan ini di Pilkada Jatim.

"Kita bergotong-royong bersama mengawal pasangan ini," ujar pria yang juga kader PDIP tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan Anas datang ditemani denga para kepala daerah di Blitar, antara lain, Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar dengan Wakil Wali Kota Blitar Santoso, serta Bupati Blitar Rijanto. Rombongan langsung masuk ke makam dan mendoakan almarhum.

Setelah selesai ziarah dari makam Bung Karno, Anas dangan rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke kediaman Wakil Bupati Blitar yang juga ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo. Keduanya menggelar pertemuan tertutup bersama Ketua DPRD Blitar Suwito Saren dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sugeng Suroso. (*)

#Bung Karno #Abdullah Azwar Anas #Pilgub Jatim #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan