Ayu Dyah Andari Hadirkan Busana Mewah Ramah Lingkungan di Fashion Rhapsody Desainer ternama Ayu Dyah Andari menghadirkan busana bernilai puluhan juta dengan dengan sentuhan detail ramah lingkungan (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

EVENT Fashion Rhapsody merupakan sebuah ide yang muncul karena adanya isu lingkungan yang ditimbulkan oleh industri fesyen sebagai penyumbang limbah terbanyak di dunia.

Berangkat dari hal itu, empat orang desainer ternama yaitu Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara, Yulia Fandy dan Ariy Arka, mempunyai ide untuk membuat event fashion yang berbeda dengan tema lingkungan.

Baca Juga:

Fashion Rhapsody Gaungkan Cinta Lingkungan Lewat Industri Fesyen

Dalam hal ini, event Fashion Rhapsody merupakan sebuah aksi dari keempat desainer tersebut agar kita lebih sadar terhadap isu lingkungan. Serta menjadikan harmoni antara manusia dan bumi agar saling menjaga.

Contoh konkretnya ialah dengan menggunakan kain sisa atau kain perca untuk dijadikan sebuah karya yang mengagumkan dan bernilai tinggi.

Ayu Dyah Andari bersama busana hasil rancangannya (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Salah satunya sebuah karya dari desainer Ayu Dyah Andari yang dipamerkan pada Trunk Show (mini fashion show) di Road To Event Fashion Rhapsody, di Grand Atrium Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Pada Trunk Show tersebut, Ayu Dyah Andari membawa tiga buah rancangan yang sangat mengagumkan dengan tema oase atau padang pasir.

"Busana yang aku tampilkan bertemakan oase, inspirasinya itu dari dessert rose, itu bukan bunga, tapi butiran pasir yang mengkristal jadi seperti bunga mawar, itu bunga kristal padang pasir" tutur Ayu Dyah Andari saat ditemui merahputih.com pada acara Road To Event Fashion Rhapsody hari Kedua, di Grand Atrium Hall Mall Kota Kasablanka, Sabtu (2/11).

Warna-warna yang dihadirkan pada rancangan Ayu Dyah Andari kali ini, merupakan turunan dari warna pasir. Yakni dari mulai warna coklat, champagne, hingga hijau kaktus.

Baca Juga:

Pameran Indocraft 2019 Bertabur Ragam Produk Batik dan Aksesoris Nusantara

Ayu Dyan Andari menghadirkan detail dari kain perca yang dipadukan dengan mutiara serta kristal swarovski (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Untuk detail pada rancangannya, Ayu Dyah Andari memberikan aksen kemewahan dengan taburan kristal swarovski asli dan mutiara swarovski asli yang bernilai jutaan rupiah. Menariknya dalam busana mewah nan elegan itu, terdapat juga sentuhan ramah lingkungan, yakni detail Dessert Rose tiga dimensi yang dibuat dari kain perca atau sisa potongan kain.

Satu hal lagi yang sangat spesial pada busana kali ini adalah Handmade bordir dengan tingkat kesulitan tinggi, tak ayal jika busana yang satu ini membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikannya.

Busana mewah karya Ayu Dyah Andari yang berharga Rp35 juta (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Untuk harganya pun sangat fantastis, yakni Rp35 juta. Hal itu rasanya sebanding dengan banyaknya kristal swarovski asli di busana tersebut, serta bahan-bahan mewah dan detail eksklusif yang digunakan.

Pada gelaran Road To Event Fashion Rhapsody tersebut, ada 22 orang Desainer yang menampilkan rancangannya di Trunk Show yang berlangsung dari tanggal 1-3 November 2019.

Desainer tersebut antara lain yaitu Ayu Dyah Andari, Ariy Arka, Dian Pelangi, L by LCB (Laudya Cynthia Bella), Chintami Atmanagara, Yulia Fandy, Qonita Batik, Ayu Lestari, ONH Atelier, Medina Zein, Hida Hasan, Gee Batik, Diario, Bagus Boutique, Willmich, Issya Scarves, Dian Risty, Micky, Rinjanie, Zytadelia, Kursein Karzai dan Batique.

Pada acara Road To Event Fashion Rhapsody sendiri tak hanya menghadirkan Trunk Show (Mini Fashion Show) saja, tapi ada pula bazar, talkshow dan juga artis performance yang akan menemani seluruh pengunjung Mall Kota Kasablanka. (Ryn)

Baca Juga:

Paulina Katarina dan SOE Jakarta Tampilkan Kolaborasi dengan Strongbow di JFW 2020

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH