Ayo Mengenal Lebih Dekat Konsep Digital Farming

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 13 September 2017
Ayo Mengenal Lebih Dekat Konsep Digital Farming
Pertanian tak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi, (Foto: Pixabay)

ISTILAH digital farming belum akrab di telinga publik yang tidak bergelut di bidang pertanian. Ya, lantaran praktik digital farming masih terbilang baru di Tanah Air.

Belakangan ini beberapa sektor pertanian di indonesia memang terlihat lesu. Akibatnya masyarakat berlomba-lomba mengembangkan sektor pertanian Indonesia. Salah satunya melalui digital farming. Berbicara soal digital farming, CEO TaniHub dan TaniFund, Ivan Arie Sustiawan, memaparkan secara singkat tentang konsep digital farming.

"Digital farming adalah bagaimana kita mengelola sektor pertanian dengan berbasis bantuan digital agroteknologi," ungkap Ivan saat ditemui merahputih.com di acara "Future Of Digital Farming Indonesia", Selasa (12/9).

Menurutnya, digital farming bukan konsep konvensional sehingga hasil yang diciptakan akan lebih optimal. Perbandingannya, jika konvensional hanya menghasilkan satu, dengan digital farming hasilnya dapat berlipat-lipat. Konsep ini telah diterapkan sejumlah startup skala kecil hingga menengah. Namun saat ini masih di sekitar pulau Jawa. Ke depan akan diterapkan pula di luar pulau Jawa.

Penerapan digital farming tak hanya menguntungkan dari sisi finansial, tetapi juga sosial. "Selain finansial kita juga akan mendapatkan keuntungan sosial, yaitu kita bisa menciptakan tenaga kerja di agriculture, baik di perdesaan maupun di luar area. Jadi itu menciptakan sosial impact," terang Ivan.

Pada digital farming sendiri kita nantinya akan bekerja sama langsung dengan para petani, Hal itu tentunya menjadi kesulitan lantaran beberapa petani di daerah masih banyak yang tak mengerti teknologi. Namun Ivan mengaku tak menemui kendala saat menerapkan digital farming kepada para petani.

"Tidak ada kendala, mudah sekali. Tinggal masalah kita nyari selanya aja dan bagaimana kita melakukannya," tutup Ivan. (Ryn)

Baca juga berita lain mengenai digital farming pada artikel "Future Of Digital Farming Indonesia", Upaya Atsindo Bangkitkan Semangat Startup Pertanian.

#Digital Farming #Pertanian Digital #Pertanian
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan