Otomotif

Ayla EV Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 11 Agustus 2022
Ayla EV Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022
Daihatsu Ayla EV menarik perhatian pengunjung GIIAS 2022. (foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nyamenggala)

SEJUMLAH pabrikan otomotif di Indonesia mulai mengembangkan mobil listrik. Hal tersebut merupakan upaya mendukung program elektrifikasi kendaraan yang dicanangkan pemerintah.

Salah pabrikan yang telah merambah produksi mobil listrik yakni Daihatsu. Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Daihatsu memamerkan produk kendaraan elektrik terbaru mereka. Mobil itu dinilai cukup mengejutkan.

BACA JUGA:

Menko Airlangga Hartarto Resmi Buka GIIAS 2022

Mobil listrik tersebut dinamai Daihatsu Ayla EV. Mobil tersebut merupakan mobil ubahan dari model low cost green car (LCGC), yang sumber penggeraknya diganti dari mesin konvensional menjadi motor listrik. Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Yasushi Kyoda mengatakan mobil canggih tersebut dikembangkan para tenaga ahli yang tergabung dalam tim riset dan pengembangan Astra Daihatsu Motor (ADM)

Daihatsu Ayla EV
Daihatsu Ayla EV merupakan mobil ubahan dari model low cost green car. (foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

"Daihatsu berkomitmen mengurangi emisi CO2. Kami mulai mengembangkan baterai untuk EV (electric vehicle) di R&D Center. Di sana ada 250 tenaga lokal yang turut berkontribusi," kata Kyoda saat konferensi pers di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8).

Meski Ayla EV menjadi salah satu yang cukup menyedot perhatian, belum ada informasi apakah mobil ini akan dipasarkan untuk umum. Menurut Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication ADM Sri Agung Handayani, mobil konsep Ayla EV tersebut masih dalam tahap penelitian.

"Pengembangan mobil ini sudah dimulai dari akhir 2020. Pengembangan detailnya dan konversinya di 2021. Untuk desainnya, kami lakukan di 2022. Ini merupakan concept car, kami masih pelajari bagaimana selanjutnya kami fokus menyelesaikan studi dulu," ujar Sri.

BACA JUGA:

Kendaraan Listrik Jadi Fokus GIIAS 2022

Lebih lanjut Sri menyebut sebagian besar komponen mobil listrik tersebut merupakan buatan lokal. "Dari mulai rubber, seat, juga sebagian body. Kami juga melibatkan UMKM dan supplier lokal," tambahnya.

Menurut Sri, mobil Ayla EV tersebut melibatkan total 1.000 supplier lokal dan UMKM. Menariknya, 400 dari 1.000 merupakan UMKM lokal.

daihatsu ayla EV
Mobil listrik Daihatsu Ayla EV masih dalam pengembangan. (foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Dari sisi tampilan, Ayla EV terlihat begitu futuristik. Garis-garis bernuansa modern ala mobil masa depan jelas terlihat. Sementara itu, bumper dibuat dengan desain modern menjadikan mobil terlihat elegan. Ditambah paduan warna silver dengan kombinasi aksen garis hitam dan kuning, membuat mobil yang satu ini terlihat keren.

Sayangnya, belum ada informasi detail tentang spesifikasi lengkap dari mobil Ayla EV tersebut, mengingat mobil ini masih dalam tahap pengembangan.(Ryn)

BACA JUGA:

Mobil Listrik di PEVS 2022 Dukung KTT G20

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan