Cuma Banyuwangi yang Punya Ayam Pedas Genteng Ayam pedas Genteng. (Foto: instagram.com/deewpd)

BANYUWANGI punya berbagai kuliner yang memanjakan lidah para food traveller. Ditambah suguhan alam yang indah dan kekayaan budaya, pelancong ke Bumi Blambangan bakal dibikin betah.

Kalau kamu melancong ke Banyuwangi, tak lengkap kalau belum mencicipi sajian kuliner tradisionalnya. Salah satu yang wajib banget kamu coba yaitu ayam pedas Genteng.

Seperti namanya ayam Genteng ini cocok bagi kamu penyukan sajian pedas level atas. Biasanya disajikan bersama nasi dan sayur-sayuran.

Ayam pedas Banyuwangi. https://www.instagram.com/amy_rosiana_2017)
Ayam pedas khas Banyuwangi. (Foto: instagram.com/amy_rosiana_2017)

Ayam pedas Genteng berasal dari Kecamatan Genteng yang terletak di tengah-tengah Banyuwangi. Sebutan lain yaitu ayam pedas Rantinem. Nama itu berasal dari pemilik warung ayam pedas terkenal di Genteng. Ada juga yang menyebut ayam pedas khas Banyuwangi.

Level pedas ayam pedas Genteng seperti pada nasi tempong. Namun bedanya, nasi tempong pedasnya berasal dari sambal, sedangkan ayam pedas genteng berasal dari kuah.

Ayam kampung yang sudah terlebih dahulu dibakar kemudian diolah lagi menjadi ayam kuah pedas. Ayam bakar yang dimasak lagi dengan bumbu kuah santan ini menciptakan citarasa spesia. Sementara bumbu-bumbunya sangat beragam, dengan penggunaan cabai rawit dan merah lebih banyak.

https://www.instagram.com/mimi_mocca/
Ayam pedas khas Banyuwangi. (Foto: instagram.com/mimi_mocca)

Kamu penasaran dengan rasa ayam pedas Genteng? Coba kenikmatannya hanya di Sunrise of Java yang kini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pavorit di Pulau Jawa bagian timur. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bolu Kuwuk, Pas Dijadikan Oleh-oleh dari Banyuwangi

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH