Parenting
Ayah Juga Bisa Baby Blues, Bagaimana Mendamaikannya Baby blues juga bisa dialami seorang ayah (Foto: Pexels/Josh Willink)

SEWAKTU bayi lahir di dunia seluruh atensi dicurahkan padanya. Lantas, setelahnya, ibu pun beroleh perhatian dari keluarga atau teman-teman saat menjenguk. Namun, jarang sekali mungkin kalau pun beroleh atensi, ayah, selalu paling belakangan.

Memang secara langsung jika berbicara melahirkan selalu berkaitan tentang ibu dan bayi. Namun, peran ayah juga tak kalah penting. Di masa kehamilan, ayah dituntut siap siaga merawat ibu dan anak di dalam kandungan. Kesulitan beradaptasi ternyata acap dialami ayah. Bahkan tak sedikit ayah mengalami baby blues.

Baca Juga:

Dee Lestari Bagi Tips Agar Anak Gemar Baca Buku

Salah satu contoh ayah mengalami baby blues, mungkin sedikit tergambarkan pada film Fatherhood dengan bintangnya Kevin Hart.

Kamu mungkin heran, mengernyitkan dahi, tidak percaya seorang ayah selalu terlihat kuat disampulnya juga bisa rapuh dan frustasi karena alami baby blues. Banyak orang menganggap baby blues hanya bisa terjadi pada ibu.

ayah siaga
Ayah dituntut untuk siap siaga tanpa ada yang tahu perasaannya (Foto: Pexels/Amina Filkins)

Padahal seorang ayah juga bisa merasakan kekalutan dan kegalauan sama dengan ibu. Ayah dan ibu sama-sama memasuki dunia baru, dunia orang tua. Mereka sama-sama memasuki dunia bahkan belum pernah terbayangkan sebelumnya dengan segala tantangan-tantangannya.

Dengan berbagai dinamika, para ayah juga bisa alami mood swing saat makhluk mungil tersebut memonopoli hidupnya, istrinya, bahkan waktu istirahatnya.

Baca Juga:

Siapkan Hal Ini Sebelum Anak Masuk TK

Ketika si ibu terkaget-keget, sang ayah pun bisa mengalami hal serupa. "Yang membedakan hanyalah responnya. Kalau perempuan lebih terlihat emosinya sementara laki-laki cenderung tidak kelihatan," urai psikolog Ibu dan Anak, Nuzulia Rahma Tristinarum, kepada Merahputih.com.

Perempuan akrab disapa Lia tersebut menyebutkan kekagetan si ibu berkaitan dengan perubahan jam biologis dan kebiasaan si kecil masih di fase bayi. Sementara sang ayah kaget dengan proses kelahiran bayi dan perubahan-perubahan pada istrinya.

"Kadang mereka bingung bagaimana harus bertanggungjawab dan memperlakukan istrinya atau bagaimana ia harus memperlakukan anaknya. Dengan segala macam kebingungan, masih ditambah dengan konflik kecil yang terjadi dengan istrinya karena memiliki bahasa berbeda" tutur Lia.

ibu
Ayah baru kaget dengan perubahan besar dalam hidupnya (Foto: Pexels/Juan Pablo)

Kondisi tersebut membuat emosi pria campur aduk dan berakhir merasa tekanan. "Mereka bisa merasa stres, kecemasan, hingga depresi," jelasnya.

Cara kerja emosi mereka berbeda dengan perempuan, sehingga membuat baby blues pada ayah lebih sulit terdeteksi. "Mereka jadi menghindari bersosialisasi, lebih banyak diam, mengurung diri, hingga marah," jelas Lia.

Dalam beberapa kasus, baby blues pada ayah bisa sangat mengganggu dan mengancam posisinya sebagai kepala keluarga dan juga anggota keluarganya. "Kita perlu melihat apakah itu mengganggu fungsi dirinya dalam keluarga. Jika ia baik-baik saja berarti bisa mencari solusi sendiri dan mengatasinya. Sebaliknya, jika itu sudah mengganggu maka lingkungan di sekitarnya perlu memberitahu mereka untuk menemui ahli," ucapnya.

Bayi dalam kandungan
Tak mudah menjadi orang tua muda. (Foto: Pexels/Kristina Paukshtite)

Tiap orang di sekelilingnya bisa mengapresiasi setiap hal sederhana dilakukan atau ia lalui. Dengan mengapresiasi setiap langkah kecil dibuat ayah dengan baby blues sudah sangat membantunya melewati segala kesulitannya.

Tunjukkan gestur sederhana menunjukkan rasa bahagia dan syukur atas kontribusinya dalam mengurus buah hati. Misalnya, memeluk, membuat masakan kesukaan, atau sekedar memijitnya.

Dengan sedikit perhatian, mereka jadi tahu keberadaannya juga berarti. Tidak menutup kemungkinan hanya ada rasa damai mereka rasakan saat harus mengurus buah hati dan perubahan kecil dalam diri. (avia)

Baca Juga:

Pola Asuh yang Salah Sebabkan Anak Sering Tantrum

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 K-Drama Yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga
Fun
5 K-Drama Yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Melalui ini, kamu dan keluarga dapat merenungkan arti keluarga.

Pengalaman Pahit Chiki Fawzi Tertuang di Single ‘Jalan Berbeda’
ShowBiz
Pengalaman Pahit Chiki Fawzi Tertuang di Single ‘Jalan Berbeda’

Chiki menulis lagu ini tidak lama setelah rencana pernikahannya yang gagal.

BTS Lanjutkan Kontraknya dengan Big Hit Entertainment
ShowBiz
BTS Lanjutkan Kontraknya dengan Big Hit Entertainment

BTS terus dinaungi oleh Big Hit sampai 2026 nanti.

Putri Eugenie Punya Tato di Belakang Telinga
Fun
Putri Eugenie Punya Tato di Belakang Telinga

Putri Eugenie menjadi keturunan bangsawan pertama yang memiliki tato.

Nona, Brand Fesyen Lokal Pertama Memanfaatkan Art Digital NFT
Fashion
SM Entertainment akan Siarkan Red Carpet Pesta Halloween
ShowBiz
SM Entertainment akan Siarkan Red Carpet Pesta Halloween

Pesta Halloween yang diadakan oleh SM Entertainment yang dikenal dengan sebutan SMTOWN Wonderland.

Karinding Attack Jadikan Alat Musik Tradisional Merdesa
Hiburan & Gaya Hidup
Karinding Attack Jadikan Alat Musik Tradisional Merdesa

Karinding Attack Membuat Alat Musik Tradisional Merdesa lewat pergerakan dan konsistensi

Uniknya Tahun Kelinci
Fun
Uniknya Tahun Kelinci

Banyak yang tertarik dengan Imlek.

Save the Children Indonesia Dorong Hak Anak dalam Mengambil Keputusan
Fun
Save the Children Indonesia Dorong Hak Anak dalam Mengambil Keputusan

Setiap anak berhak terlibat dalam mengambil keputusan.

'Cek Toko Sebelah 2' Tonjolkan Sisi Feminim
ShowBiz
'Cek Toko Sebelah 2' Tonjolkan Sisi Feminim

'Cek Toko Sebelah 2' tayang 22 Desember 2022.