Ayah Ayo Ajak Main Anakmu!

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 16 November 2023
Ayah Ayo Ajak Main Anakmu!
Ayah harus terlibat dalam pola asuh anak. (Unsplash/Kelly Sikkema)

TAHUKAH kamu, jika menemani anak kita bermain bukan cuma jadi tugas seorang ibu, tapi juga ayah. Sang ayah juga diharapkan bisa ambil peran dalam membantu tumbuh kembang anak.

Salah satu caranya adalah dengan bermain bersama. Cara ini membuat si kecil tahu bahwa sang ayah selalu hadir dalam kehidupan mereka. "Ayah yang hebat adalah sosok ayah yang memiliki beberapa kualitas penting dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya," ujar psikolog Sani B.Hermawan.

Baca Juga:

Ibu Stres, Anak Rewel?

ayah
Peran ayah akan membentuk mental anak. (Unsplash/Steven Van Loy)

Menurut Sani, ayah adalah sosok yang penuh kasih sayang dan perhatian terhadap anak-anaknya. Ayah juga diharapkan dapat memberikan cinta dan dukungan emosional yang stabil untuk si kecil.

Selanjutnya, ayah juga diharapkan terlibat aktif dalam kehidupan si kecil, baik secara emosional dan fisik. "Terlibat dalam kegiatan sehari-hari [anak], serta memberikan dorongan dan dukungan dalam mencapai tujuan," ujar Sani.

Terdapat beberapa manfaat anak bermain dengan anak. Menurut Sani, berikut diantaranya.

Memperkuat hubungan emosional


Ikatan emosional antara ayah dan anak akan terbentuk ketika keduanya bermain bersama. Kepercayaan di antaranya keduanya juga akan semakin kuat.

Meningkatkan keterampilan sosial


Sani mengatakan bahwa melalui permainan, seorang anak akan belajar tentang berbagai hal. Termasuk di antaranya soal berbagi, bekerja sama, hingga berkomunikasi dengan orang lain. Ayah bisa mengambil peran dalam hal tersebut.

Baca Juga:

Mengungkap Faktor Penyebab Konflik Antara Ibu dan Anak Perempuan

anak
Ayah punya kesempatan untuk menyuntikkan nilai-nilai positif dalam kehidupan. (freepik/tirachardz)

Pembelajaran nilai-nilai positif


Saat bermain dengan anak, ayah punya kesempatan untuk menyuntikkan nilai-nilai positif dalam kehidupan. Sebut saja nilai kejujuran, rasa hormat, hingga kerja sama.

Meningkatkan kreativitas anak


Sani menambahkan bahwa bermain dengan ayah, dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif dan bisa menggunakan imajinasinya. Kegiatan ini pada akhirnya akan membantu si kecil untuk mengembangkan kemampuan berpikir.

Belajar menyelesaikan masalah


Melalui permainan, anak-anak akan belajar untuk menghadapi tantangan. Ayah bisa membantu si kecil untuk belajar menyelesaikan masalah. (dgs)

Baca Juga:

Penelitian Menemukan bahwa Ibu Mewarisi Kepandaiannya pada Anak-anak

#Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan