Awas! Tidur Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Mati Muda kenali dampak negatif dari Tidur yang terlalu lama (foto: pixabay/cuncon)

DISAAT hari libur kerja, sekolah ataupun kuliah, merupakan waktu yang sering dijadikan untuk bermalas-malasan. Seperti begadang hingga larut malam, dan bangun siang.

Hingga secara tak sadar waktu tidur kamu tak terkontrol. Bahkan lebih lama dari delapan jam, yang merupakan waktu ideal untuk tidur. Karena itulah secara tak langsung kamu justru akan mendapat lebih banyak kerugian ketimbang manfaatnya.

Nah berikut ini ialah berberapa dampak negatif bagi kesehatan, jika kamu tidur terlalu lama, seperti yang dilansir dari laman boldsky.

1. Sulit Konsentrasi

Terlalu lama tidur akan membuatmu sulit konsentrasi (Foto: pixabay/silviarita)

Dampak negatif yang pertama ialah sulit konsentrasi. Karena tidur terlalu lama bisa mempengaruhi fungsi otak. Di mana kamu akan merasa sulit berkonsentrasi serta mengingat. Tentunya hal itu akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari kamu.


2. Meningkatkan Risiko Diabetes

Tidur terlalu lama bisa mengakibatkan meningkatnya diabetes (Foto: pixabay/tumisu)

Jika kamu kurang tidur, maka ada beberapa penyakit tertentu yang bisa terjadi pada tubuhmu. Salah satunya yakni meningkatnya kadar gula darah, yang mengakibatkan penyakit diabetes.


3. Membahayakan Kesehatan Jantung

Tidur terlalu lama berisiko membahayakan kesehatan jantung (Foto: Publicdomainpictures)

Untuk kamu yang suka tidur dalam waktu yang lama, sebaiknya berpikir ulang dan rubah pola tidur kamu. Karena tidur terlalu lama bisa membahayakan kesehatan jantung karena dapat memforsir kesehatan jantung. Selain itu, dampak yang cukup mengejutkan ialah membuatmu kelebihan berat badan.

Baca juga: Stres Bisa Bikin Kamu Tambah Gendut! Ini Penjelasan Ilmiahnya

4. Berisiko Mati Muda

Tidur terlalu lama bisa berisiko mati muda (Foto: thedigitalartist)

Dampak yang paling mengerikan ialah tidur terlalu lama bisa menyebabkan mati muda. Karena sebuah penelitian membuktikan, jika orang yang terlalu banyak tidur bisa berisiko tinggi mati muda. Karena selain meningkatkan risiko penyakit diabetes dan jantung. Tidur juga dapat membuat otak kamu meradang. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH