Awas, Ternyata Buah Bisa Membuat Kamu Sembelit Apel merupakan salah satu buah yang bisa bikin kamu sembelit (Foto: Pexels/Bruno Scramgnon)

TUJUAN utama kamu mengonsumsi buah tentu supaya kamu bisa lancar ke 'belakang'. Alasan kamu, banyak serat yang terkandung pada buah. Buah juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Dengan begitu, bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

Namun, rupanya enggak semua buah bisa melancarkan pencernaan kamu. Menurut Go Dok, buah-buah ini justru bisa bikin kamu sembelit. Buah-buah ini jangan kamu konsumsi sering-sering ya supaya enggak sembelit.

1. Pisang

Pisang yang belum matang bisa bikin kamu sembelit.(Foto: Pexels/Pixabay)

Memang benar pisang dapat melancarkan pencernaan. Tapi beda cerita kalau pisang yang kamu konsumsi belum matang. Malah akan membuat kamu sembelit kalau dikonsumsi. Karena pisang yang belum matang mengandung pati resisten yang sulit untuk dicerna tubuh. Lagipula pisang yang belum matang rasanya hambar kan sahabat Merah Putih?

2. Apel

Apel dapat membuat bayi sembelit. (Foto: Pexels/Bruno Scramgnon)

Apel juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun, hal itu hanya ampuh jika yang mengonsumsinya orang dewasa atau anak-anak. Apel akan membuat sembelit jika diberikan kepada bayi. Bahan makanan lain yang mengandung apel, seperti saus dan selai apel, juga sebaiknya enggak diberikan ke bayi. Hal itu disebakan kandungan protein pectin yang bisa membuat si kecil sembelit.

3. Pir

Terlebih jika pir yang dikonsumsi sudah dikupas kulitnya.(Foto: Pexels/mali maeder)

Pir akan membuat kamu sembelit jika dikonsumsi berlebihan. Terlebih jika mengonsumsi pir yang sudah dikupas kulitnya. Pir memiliki kandungan fruktosa yang tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut dapat menghambat laju air besar ke lambung.

4. Ceri

Jangan konsumsi ceri banyak-banyak. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Satu cangkir buah ceri menganduing 3 gram serat atau 12% kebutuhan serat per harinya. Jika kamu mengonsumsi ceri dalam jumlah banyak, konsumsi serat pun ikut meningkat. Akibatnya, perut pun akan terasa kembung, terlebih jika perut belum terbiasa mencerna serat.

Meskipun buah-buah itu bikin sembelit, bukan berarti harus dijauhi ya. Konsumsi saja dalam jumlah yang enggak terlalu banyak. (ikh)

Baca juga: Melancong Jangan Lupa Menyantap Camilan Buah Berprotein Tinggi

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH