Kesehatan

Awas, Terlalu Kurus Bikin Menopause Datang Lebih Awal

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 22 Januari 2018
Awas, Terlalu Kurus Bikin Menopause Datang Lebih Awal
Ilustrasi. (foto: pixabay)

PUNYA tubuh kurus sering kali dicap sebagai hal yang ideal. Media massa dan industri pertunjukan ramai-ramai menampilkan tubuh perempuan yang kurus sebagai sesuatu yang ideal. Akibatnya, tak sedikit perempuan yang mati-matian berdiet agar kurus.

Eits, bertubuh kurus ternyata tak selalu berarti sehat dan aman bagi tubuh lo. Perempuan yang terlampau kurus ternyata berisiko mengalami menopause dini.

Penelitian menyebutkan bahwa perempuan dengan berat badan rendah pada usia akhir remaja dan usia 30-an memiliki risiko terkena menopause lebih awal. Menopause yang terjadi sebelum usia 45 tahun bisa dikatakan sebagai menopause dini.

Faktanya, 10% perempuan di dunia mengalami menopause dini. Bagi perempuan, menstruasi dini juga tak bisa disepelekan karena berkaitan dengan tingginya risiko terkena penyakit jantung dan kondisi lain seperti osteoporosis dan penurunan fungsi kognitif.

Berdasarkan penelitian, perempuan dengan BMI kurang dan badan terlalu kurus memiliki risiko terkena menopause dini yang lebih signifikan dibanding dengan wanita dengan berat badan normal. Angka BMI kurang dari 18,5 akan dikategorikan memiliki berat badan terlalu rendah.

Di samping itu, perempuan dengan riwayat penurunan berat badan yang terlalu drastis juga memiliki risiko terkena menopause dua kali lebih cepat ketimbang yang tidak.

Peneliti menerangkan bahwa ada beberapa kemungkinan yang dapat mencetuskan terjadinya menopause dini. Yang pertama, badan terlalu kurus atau BMI kurang bisa memicu gangguan keseimbangan hormon di otak. Akibatnya, terjadi penurunan kadar hormon estrogen dan peningkatan risiko tidak subur.

sedih
Tubuh terlalu kurus membuat perempuan rentan kena stres. (foto: pixabay)

Di samping itu, berat badan rendah dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon yang berpengaruh saat stres.

Kemungkinan yang kedua, stres berlebihan yang akhirnya memicu terjadinya menopause dini. Berat badan yang kurang juga bisa memicu stres akibat peningkatan hormon kortisol. Secara tidak langsung, stres berlebihan bisa dipengaruhi berat badan Anda.

Kesimpulannya, badan terlalu kurus dapat memicu beberapa kelainan tubuh, salah satunya ialah menopause dini. Jadi, para perempuan harus pintar-pintar menjaga berat badan di rentang yang wajar, tidak terlalu kurus juga tidak terlampau gemuk. (dwi)

#Menopause
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan