Awas! Swafoto Bisa Berujung Maut Ilustrasi. (pixabay)

ATAS nama tampil di media sosial, beberapa orang mengabaikan faktor keselamatan dalam mengambil swafoto. Anda mungkin masih ingat mahasiswa yang jatuh dari tebing saat melakukan swafoto. Kejadian yang sama juga terjadi di negara tetangga.

Seorang perempuan tewas saat berswafoto bersama seorang temannya di rel kereta api di Thailand. Kepada polisi, teman perempuan itu bercerita bahwa mereka baru saja habis minum minuman beralkohol. Mereka lalu punya ide untuk berswafoto bersama kereta api. Nahas, saat tengah berfoto, mereka tidak melihat ada kereta yang mendekat.

Perempuan yang menjadi korban berusia 24 tahun. Kakinya rusak parah dan meninggal saat dirawat di rumah sakit. Sementara itu, teman pria lainnya saat ini masih dirawat dengan cedera amat parah.

Sejumlah orang telah menjadi korban tewas saat melakukan swafoto di lokasi berbahaya. Jumlahnya bahkan terus meningkat belakangan.

Insiden yang menimpa perempuan itu sendiri terjadi pada Kamis (8/2) pagi di Stasiun Samsen di Bangkok. Demikian pernyataan dari petugas kepolisian setempat, Wissanusak Seub, kepada BBC. Ia menambahkan, pihak berwenang tengah menyelidiki insiden tersebut.

Tak cuma di Thailand, berswafoto dengan latar kereta yang tengah berjalan mendekat kini menjadi tren juga di India.

Januari lalu, seorang pria yang merekam sebuah video dirinya menunggu kereta yang mendekat tewas tertabrak kereta yang melaju mendekat di Hyderabad, India.

Sementara itu, pada Oktober 2017, tiga remaja tewas mencoba melakukan swafoto maut dengan kereta di Negara Bagian Karnataka dan dua lainnya tewas dengan cara yang sama di Delhi.

Wah, swafoto seharusnya menyenangkan ya, bukan membahayakan jiwa. (dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH