Awas, Status Gunung Agung Jadi Siaga!

Eddy FloEddy Flo - Senin, 18 September 2017
Awas, Status Gunung Agung Jadi Siaga!
Petugas melakukan pengamatan terhadap Gunung Agung di Bali (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih.Com - Status Gunung Agung meningkat dari waspada ke siaga. Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mulai Senin (18/9) pukul 21.00 Wita, status aktivitas Gunung Agung masuk level III.

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi PVMBG Gede Suantika saat dihubungi dari Denpasar, Senin malam, mengatakan dinaikkannya status gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya.

Menurut Suantika sebagaimana dikutip dari Antara, sejak beberapa hari terakhir, PVMBG mencatat peningkatan aktivitas gunung itu dengan terekamnya kegempaan vulkanik.

Hal tersebut, kata dia, mengindikasikan bahwa aktivitas vulkanik gunung yang terletak di kabupaten paling timur di Bali itu saat ini dalam keadaan tidak stabil sehingga kemungkinan untuk terjadi letusan menjadi semakin meningkat.

Hingga pukul 20.00 Wita, tercatat dua kali gempa Tremor Non-Harmonik dengan amplitudo 6 mm dan lama gempa 480 detik dan 18 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 2 mm hingga 10 mm dengan lama gempa 7 hingga 40 detik.

PVMBG juga mencatat dari tanggal 14 September hingga 18 September 2017 pukul 20.00 Wita telah terjadi empat kali gempa yang berpusat di sekitar gunung dengan magnitudo Md 3.11 dan skala MMI II-III di Pos Pengamatan Gunung Agung di Rendang.

Masyarakat di sekitar Gunung Agung termasuk pendaki atau wisatawan tidak diperkenankan beraktivitas di seluruh area di dalam radius 6 kilometer dari kawah puncak atau pada elevasi di atas 950 meter dari permukaan laut. (*)

#Gunung Agung #Gempa Bumi #Kampung Siaga Bencana #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan