Awas, Shower Di Rumah Bisa Jadi Sumber Penyakit Shower berbahan logam sarangnya virus NTM (Foto/Pixabay/Tookapic)

MANDI memang sangat menyegarkan. Tubuh kamu bersih dari kotoran dan terasa enteng. Apalagi kalau kamu mandi menggunakan air hangat melalui pancuran alias shower. Rasa pegal itu pasti hilang, tidur kamu pun akan semakin pulas.

Tapi jangan salah, rupanya bisa saja shower di rumah kamu ialah sarangnya penyakit. Bukannya membersihkan tubuh kamu, tapi malah dapat mengganggu kesehatan kamu.

Ya, benar sekali tidak jarang shower menjadi tempat hidupnya bakteri. Sekelompok peneliti dari Universitas Colorado Boulder meneliti hal tersebut dengan sampel lebih dari 656 rumah tangga yang memiliki shower di Amerika Serikat dan Eropa. Demikian melansir laman Men's Health.

Virus tersebut bisa membuat kamu demam (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Hasilnya para peneliti menemukan adanya jejak kehidupan bakteri nontuberculous mycobacteria (NTM). Mengerikannya bakteri ini dapat menjadi penyebab penyakit yang cukup serius. NTM dapat membuat kamu terkena penyakit paru-paru.

Kalau kamu terpapar bakteri ini, kamu bisa mengalami gejala infeksi termasuk batuk berdarah, sesak napas, dan batuk terus menerus. Juga disertai rasa lelah dan demam.

Terlebih lagi kalau kamu memiliki daya tahan tubuh yang lemah, kamu akan gampang terserang penyakit paru-paru. Tapi enggak perlu khawatir berlebihan, virus ini bisa dikalahkan dengan resep antibiotik dari dokter.

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH