Awas! Salah Posisi Duduk saat Bekerja Berdampak Buruk untuk Kesehatan Posisi duduk memengaruhi kesehatan tulangmu (Foto: Pixabay/Startup Stock Photos)

TAHUKAH kamu? Posisi duduk memengaruhi kesehatan tulang punggungmu. Biasanya, aktivitas yang dilakukan dalam ruangan akan lebih banyak menghabiskan waktu kerja dengan duduk. Kesalahan posisi duduk seperti membungkukan tulang ke depan meja kerja, tubuh tegang atau terlalu lama berdiam pada satu tempat, bisa berdampak buruk buat kesehatan lho.

Melansir laman alodokter, dalam jangka waktu panjang posisi duduk yang salah bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti perubahan bentuk tulang, terganggunya pencernaan, penumpukkan lemak, depresi, kelelahan, obesitas, kanker, terserang penyakit jantung, pengumpalan darah di kaki, hingga gangguan tulang kronis.

Baca juga:

Kematian Mengintai dari Posisi Duduk

Untuk itu, posisi tubuh saat duduk yang baik dan benar harus diperhatikan. Guna mencegah kesalahan posisi duduk yang berdampak buruk, berikut ini terdapat beberapa cara untuk mendapatkan posisi yang nyaman dan aman bagi kesehatan saat kamu bekerja.

1. Memilih kursi yang tepat

Awas! Salah Posisi Duduk saat Bekerja Berdampak Buruk untuk Kesehatan
Memilih kualitas kursi yang nyaman (Foto: Pixabay/Erika Wittlieb)

Kursi berperan penting dalam menopang punggung untuk mengurangi rasa sakit. Pilihlah kursi yang memiliki busa tebal dan memiliki sandaran agar posisi dudukmu semakin nyaman. Atur tinggi rendahnya sesuai hingga merasa cukup nyaman.

2. Mengatur posisi tubuh

Awas! Salah Posisi Duduk saat Bekerja Berdampak Buruk untuk Kesehatan
Mengatur posisi duduk dengan baik dan benar bisa menghindari permasalahan tulang (Foto: Pixabay/Free Photos)

Menempatkan badan dengan meluruskan punggung, bahu diposisikan ke belakang dan bokong menempati belakang kursi.

Perhatikan posisi leher dan kepalamu, pastikan tidak terganggu dan tetap dalam posisi menghadap lurus. Buatlah posisi senyaman mungkin. Letakkan tangan dan lengan lurus sejajar dengan posisi kibor.

Baca juga:

Duduk Menyilangkan Kaki Ternyata Pengaruhi Kesehatan, Kok Bisa?

Bagi kamu yang menggunakan mouse, pakailah alas sebagai bantalan pergelangan tanganmu. Hal ini mencegah pergelangan yang tertekuk. Posisikan sikumu membentuk huruf L.

Selanjutnya, telapak kaki menapak lantai. Gunakan sandaran kaki kalau diperlukan. Posisi lutut sejajar dengan pinggul. Batasi badanmu dengan komputer dengan memberi jarak sekitar 30 cm.

3. Kenyamanan tempat duduk memengaruhi

Awas! Salah Posisi Duduk saat Bekerja Berdampak Buruk untuk Kesehatan
Meletakkan barang-barang yang sering dipakai dekat jangkauanmu (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Lingkungan sekitar memengaruhi kenyamananmu saat duduk. Taruhlah benda-benda yang sering dipakai dekat jangkauanmu. Hal ini untuk memudahkanmu dalam meraih sesuatu benda.

Pergerakan mengambil benda-benda tersebut juga dibutuhkan sebagai latihan ringan meregangan otot. Kamu juga bisa gunakan bantalan tambahan untuk meningkatkan kenyamananmu saat duduk dalam waktu lama.

4. Istirahat secara berkala

Awas! Salah Posisi Duduk saat Bekerja Berdampak Buruk untuk Kesehatan
Lakukan istirahat secara berkala (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Meski posisi dudukmu sudah diatur senyaman mungkin, tetap perlu beristirahat. Lakukan istirahat setiap 30 hingga 45 menit untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan menjaga konsentrasi saat kerja. Dengan beristirahat secara berkala bisa melancarkan peredaran darah. (dys)

Baca juga:

Awas! Terlalu Banyak Memakai Ponsel Bisa Menumbuhkan Tanduk di Kepalamu



Ananda Dimas Prasetya