Awas Refrigerant Palsu Bisa Membakar Mobil Hati-hati banyak beredar refrigerant palsu yang dapat merusak AC dan mobil. (Foto: Pexels/Markus Spiske temporausch.com)

REFRIGERANT adalah bahan kimia penting dalam sistem pendingin udara pada kendaraan. Refrigerant ini yang keluar dari kisi-kisi AC yang membuat suhu di dalam kabin menjadi lebih sejuk daripada di luar.

Karena sedemikian pentingnya, menurut laman KabarOto yang melansir Denny Setiawan dari Paguyuban AC Mobil Indonesia (PAM), bahwa sudah lebih dari sebulan beredar refrigerant palsu. Barang palsu ini sangat mirip dengan aslinya, hampir tidak ada perbedaannya.

Baca Juga:

Power Streering Hanya Dilihat Kalau Ngambek

mobil
Refrigerant adalah komponen utama dalam AC mobil. (Foto: Pexels/freestocks.org)


Menurut Denny, hal ini bukan hanya berpotensi merusak sistem AC dan mobil saja. Lebih dari itu merugikan para pelaku bisnis di bidang AC mobil. Ini dapat membuat citra bengkel AC menjadi rusak. Konsumen tidak akan lagi percaya merawat mobil di bengkel langganannya.

Umumnya pemilik mobil hanya mempercayakan pada satu bengkel atau montir yang sudah lama dikenalnya.

Baca Juga:

Mobil Ini Bisa Gunakan Minyak Tanah bahkan Alkohol untuk Bahan Bakar

mobil
Refrigerant yang asli memiliki karakter non-flammable. (Foto: Pexels/Hassan OUAJBIR)

Bahaya yang ditimbulkan buat pemilik mobil adalah semua komponen dalam sistem AC akan rusak dan membutuhkan penggantian yang tidak murah. Seperti kompresor yang terbakar atau jalur AC yang hangus hingga berasap. Bukan hanya itu saja celakanya mobil dapat terbakar karena refrigerant palsu ini.

Menurut Denny, refrigerant yang asli memiliki karakter non-flammable, sementara yang palsu sangat mudah terbakar. (*)


Baca Juga:

Spooring dan Balancing, Lakukan Secara Rutin!

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH