Awas! Momo Challenge Berbahaya Bagi Anak Momo challenge (foto: Enigmazone)

PERKEMBANGAN teknologi yang begitu pesat, membuat semua orang tak bisa terlepas dari gadget. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Namun, orangtua harus melakukan pengawasan ekstra terhadap anak yang menggunakan gadget.

Pasalnya, penggunaan gadget yang salah bisa membahayakan anak, seperti halnya sang anak menerima pesan melalui media sosial yang dapat membahayakan dirinya. Untuk itu peran orang tua untuk memberi pengertian kepada anak sangatlah penting.

Contohnya seperti yang baru-baru ini terjadi, sebuah challenge atau tantangan yang tersebar di WhatsApp bernama Momo Challenge yang diperuntukan bagi gadis berusia 12 tahun. Challenge tersebut terbilang cukup berbahaya, hingga sejumlah polisi di berbagai negara pun telah menyatakan keprihatinan mereka.

(Foto: the Sun)

Seperti yang dilansir The Sun, challenge tersebut mengajak seseorang untuk bunuh diri, hampir serupa dengan Blue Whale Challenge yang sempat viral beberapa waktu silam.

Momo sendiri merupakan sebuah nama akin media sosial yang hadir di jaringan seperti Facebook, WhatsApp, dan juga YouTube. Terkait Momo Challenge, menurut unit investigasi kesejahatan komputer di Negara Bagian Meksiko, Tabasco, permainan tersebut dimulai dari Facebook. Para pengguna ditantang untuk berkomunikasi dengan nomor yang diketahui, setelah itu Momo akan menanggapi panggilan serta gambar kekerasan seraya memberikan sebuah perintah. Nah, jika pemain game itu menolak untuk mengikuti perintah permainan, si pemain akan terancam.

Avatar yang digunakan pada permainana tersebut juga cukup menyeramkan, yaitu gambar seorang wanita dengan wajah aneh dan mata melotot. Gambar itu sendiri merupakan karya dari Midori Hayashi, seorang seniman Jepang. Namun, seniman tersebut tak ada kaitannya dengan permainan itu, hanya saja gambarnya yang digunakan oleh seorang oknum tak bertanggung jawab.


Mengenai hal itu, menurut Rodrigo Nejm dari LSM Brazir, Safernet, hingga kini belum ada kejelasan tentang persebaran Momo Challenge. Tapi, laporan yang mengatakan jika challenge ini terjadi di Argentina, Meksiko, Amerika Serikat, Prancis, dan juga Jerman. Lalu, ada pula kemungkinan jika permainan tersebut merupakan 'umpan' yang digunakan para penjahat untuk mencuri data serta memeras orang-orang lewat dunia maya.

Namun Menurut seorang YouTuber bernama ReignBot, sangat sulit untuk mengikat momo pada satu pengguna WhatsApp. Pasalnya nomor telepon yang tak terlihat di permainan itu terhubung setidaknya pada tiga nomor telepon di Meksiko, Jepang dan Kolombia. Lalu mereka yang mencoba menghubungi nomor tersebut biasanya tak mendapat jawaban. Misalkan jika berhasil, jawaban itu dihadapkan pada penghinaan, dan keterlibatan orang yang dihubungi mengetahui informasi pribadi serta gambar yang menyeramkan.

Terkait hal itu kepolisian Spanyol telah memperingatkan masyarakat khususnya anak-anak untuk mengabaikan challenge tak masuk akan yang tersebar di media sosial WhatsApp. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Kenali Penyebab Jerawat di Pipi, Kesehatan Gigi Ternyata Berhubungan Lho!

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH