Awas! Langsung Tidur Setelah Santap Sahur Berbahaya, Ini Penjelasannya Langsung tidur usai sahur sangat berbahaya (Foto: pixabay/darksouls1)

SAAT menjalankan puasa, rutinitas kamu akan berubah. Dari mulai pagi hari hingga sore hari, yang paling drastis ialah waktu bangun pagi kamu akan berubah.

Dimana kamu harus bangun lebih pagi dari biasanya, yakni pada waktu sebelum subuh untuk santap sahur. Mungkin diawal ramadan kamu masih merasa kesulitan untuk beradaptasi bangun lebih pagi.

Biasanya, rasa kantuk tak tertahankan usai bangun jam 3 pagi untuk santap sahur. Apalagi setelah kamu selesai makan sahur, keinginan untuk langsung tidur kembali pun tak terhindarkan.

Namun ketahuilah, jika tidur setelah sahur bisa membahayakan kesehatan kamu loh guys. bahkan hingga menderita penyakit parah, seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

Jangan langsung tidur usai makan sahur (Foto: pixabay/goumbik)

Kondisi mengantuk usai sahur atau perut kenyang, kondisi tubuh kamu yang tengah bersiap untuk mencerna makanan akan meningkatkan reaksi saraf parasimpatik.

Hal itu akan menyebabkan menurunnya produksi hormon adrenaline dan memperlambat detang jantung. Alahasil kamu akan lebih mudah merasa ngantuk dan lesu ketika kenyang.

Selain itu, rasa kantuk tersebut bisa juga dipicu oleh kinerja enzim kamu yang lebih keras. Makanan yang mengandung kalori akan dipecah oleh enzim metabolik dan enzim pencernaan, untuk dicerna oleh tubuh.

Semakin banyak kalori yang kamu konsumsi, maka akan semakin besar energi yang dikerahkan tubuh kamu guna memacu kinerja kedua enzim tersebut. Usaha ekstra dari tubuh itulah yang mendungan rasa kantuk usai makan.

Adapun beberapa bahaya tidur setelah sahur diantaranya yaitu Asam Lambung. Penyakit yang satu ini biasa menyerang banyak orang saat Ramadan tiba, dan akan semakin parah jika kamu terbiasa langsung tidur usai makan sahur.

Asam lambung mengintai kamu yang langsung tidur usai santap sahur (foto: pixabay/derneuemann)

Karena makanan yang harusnya langsung dicerna, justru akan tertumpuk. Hal itu dapat mengganggu proses pencernaan serta dapat memicu naiknya asam lambung.

Bahaya tidur yang kedua yakni GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Penyakit yang satu ini timbul lantaran lemahnya katup antara lambung dan juga tenggorokan kamu. Hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung naik, hingga ke dalam kerongkongan kamu.

Biasanya gejala tersebut dibarengi dengan nyeri di bagian dada. Hal itu pun akan lebih mudah dipicu jika kamu membiasakan diri langsung tidur setelah makan sahur.

Tidur setelah sahur bisa memicu risiko stroke (Foto: Pixabay/vsrao)

Bahaya yang ketiga yakni Rentan terkena stroke. Menurut penelitian terbaru di Yunani. Membuktikan jika mereka yang langsung tidur usai makan sahur atau setelah makan, berisiko terkena stroke lebih besar dibanding mereka yang tidak langsung tidur usai makan sahur.

Baca juga:

Puasa Tapi Tidak Sahur? Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai Kamu

Karena itu, sebaiknya kamu untuk menunggu selama beberapa jam usai makan sebelum kemudian akhirnya tidur kembali. Nah itu dia guys beberapa penyebab dan bahaya langsung tidur usai santap sahur. Semoga bermanfaat yah. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH