Ternyata tidak Berolahraga Lebih Buruk Ketimbang Merokok Jika jarang berolahraga, kesehatanmu akan sama seperti seorang perokok (foto: pixabay/silviarita)

OLAHRAGA tentu akan sangat bermanfaat untuk kebugaran tubuh kamu. Apalagi jika kamu melakukannya secara rutin, kesehatanmu akan terjaga dan tentunya aktivitas sehari-hari berjalan dengan lancar.

Namun, sebuah studi baru-baru ini menemukan fakta baru bahwa tak berolahraga ternyata lebih berbahaya daripada merokok.

Penemuan baru yang diterbitkan pada jurnal JAMA Network Open itu merupakan hasil kerja para peneliti Cleveland Clinic yang mempelajari 122.007 kebiasaan responden sejak 1991 hingga 2014.

Berolahraga dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar setiap saat. (Foto: pixabay/pexels)

Para peneliti meminta responden melakukan olahraga treadmill. Peneliti lalu mencatat angka kematian responden tersebut selama 23 tahun penelitian. Demikian dilansir laman Time.

Setelah beberapa tahun penelitian tersebut berjalan, peneliti menemukan hubungan yang kuat antara olahraga atau latihan fisik dan kehidupan yang lebih panjang dan sehat.

Olahraga rutin dapat mencegah risiko kematian dini. (Foto: pixabay/12019)

Selain itu, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa gaya hidup kurang gerak atau kurang berolahraga selaras dengan risiko penyakit mematikan. Untuk itu, obat paling sederhananya yaitu mulailah berolahraga.

"Kurang gerak atau tak melakukan olaharaga memiliki prognosis yang buruk seperti kematian, layaknya hipertensi, risiko diabetes atau bahkan seperti menjadi seorang perokok," ucap Dr Wael Jaber, salah seorang penulis studi tersebut.

Studi itu pun menemukan bahwa olahragawan tak menghadapi risiko kematian yang lebih tinggi. Secara konsisten, penelitian itu menemukan bahwa semakin banyak orang berolahraga, semakin rendah tingkat kematiannya.(Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Semangat Baja Atlet Renang Difabel Laura Dinda

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH