Awas, Kualitas Buruk dari Powerbank Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak Penggunaan Power Bank saat Bermain Game di Ponsel (Foto: Unsplash/screenpost)

SIAPA yang tidak mengenal powerbank? Benda yang satu ini seringkali ditemukan tercolok pada gadget banyak orang belakangan ini. Pemberi daya tambahan untuk smartphone ini sudah menjadi gaya hidup banyak orang, dikarenakan daya batre ponsel yang selalu dirasa kurang.

Baca juga:

Xiaomi akan Rilis Ponsel Pintar dengan Chipset Canggih

Di balik maraknya powerbank, banyak sekali fakta yang menyatakan bahwa powerbank dapat merusak ketahanan batre smartphone dalam waktu yang singkat. Dalam sebuah wawancara dengan media lokal, Heri Hartanto, selaku CEO PT Satu Pro Global Niaga, distirbutor tunggal Acmic Indonesia yang memproduksi powerbank premium mengatakan jika isu powerbank mampu merusak smartphone ada benar dan tidaknya.

Awas, Kualitas Buruk dari Powerbank Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak
Pentingnya Powerbank di Zaman Sekarang (Foto: Pixabay/Elsie HuangChao2017)

"Benarnya ini ketika dimana kalau powerbank ini sendiri kualitasnya diragukan. Kenapa diragukan? karena ini bisa expired. Seperti kita tahu kalau lama menyimpan baterai rumah kan ada masa expired nya. Nah, kalau powerbank yang kualitasnya diragukan ini biasanya menggunakan baterai-baterai yang sudah expired. Ini tegangannya sudah tak stabil," Jelas Heri. Lebih lanjut, dia menambahkan belum lagi komponen lainnya yang tertanam di dalamnya. Komponen tersebut menjadi faktor terpenting untuk mempertahankan usia baterai smartphonemu.

Baca juga:

Google Akan Berlakukan Tarif untuk Akses Data Pengguna?

Komponen terpenting dalam powerbank dinamakan PCB. Powerbank terdiri dari shell, sel baterai dan PCB. Kualitas PCB secara langsung mempengaruhi efek pengisian daya perangkat. Karena penurunan atau peningkatan powerbank dikendalikan oleh PCB. Perlindungan keselamatan ada di PCB, seperti suhu tinggi, kelebihan arus, kelebihan tegangan, perlindungan hubungan singkat, dan sebagainya.

Awas, Kualitas Buruk dari Powerbank Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak
Komponen PCB (Foto: Pixabay/Axonite)

PCB sangat penting untuk powerbank, tetapi PCB yang buruk tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik juga. Buruknya PCB akan menjalar terhadap tegangan yang dihasilkan oleh powerbank. Ketika tegangan yang dihasilkan tidak stabil, secara tidak langsung kamu akan merusak baterai smartphonemu secara perlahan.

Selain powerbank, kerusakan baterai smartphone bukan hanya dari satu faktor. Musuh utama baterai ponsel adalah panas. Misalnya saja menggunakan ponsel sambil dicolok, pastinya akan cepat rusak. Oleh karena itu, jaga suhu smartphone dibawah 50 derajat.

Jika kamu benar-benar membutuhkan tenaga tambahan untuk ponselmu, carilah powerbank berkualitas. Jangan hanya sekedar melihat dari harga yang murah, pada gilirannya bisa saja malah baterai ponselmu yang rusak. (Nic)

Baca juga:

Ponsel Pintar Terbaru dengan Kamera Mumpuni dan Baterai Tahan Lama



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH