Awas, Konsumsi Kopi Bikin Stres makin Parah Efek kafein memperburuk stres. (foto: pixabay/funswork)

KOPI bak koin mata uang. Ada dua sisi di dalamnya. Jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan saat yang pas, kopi bisa memberi dampak positif buat tubuh. Sebaliknya, kopi bisa mengganggu kesehatan tubuhmu jika disesap di saat yang enggak tepat, salah satunya saat stres.


1. Kafein Memperburuk Stres

coffee
Kafein dalam kopi bikin kamu terjaga, bahkan hingga lewat jam tidur. (foto: pixabay/elliasfalla)


Buat kamu yang sering begadang, kopi mungkin sudah jadi kebiasaan untuk memompa semangat di pagi hari. Tak hanya itu, kamu juga beralih ke minum kopi saat merasakan stres. Harapannya, suasana hati bisa berubah jadi lebih baik.

Namun, ternyata anggapan itu salah besar. Kopi malah bisa bikin kamu maskin stres lo.

Saat kamu mengalami banyak tekanan atau stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol atau hormon stres. Selain timbul sebagai akibat stres, hormon kortisol juga berfungsi mengatur gula darah untuk mengolah gula menjadi sumber energi. Dengan begitu, tubuh kamu jadi lebih bertenaga dan fokus saat bekerja.

Sayangnya, efek minum kopi saat stres hanya sementara. Christopher N Ochner, PhD, seorang asisten dosen di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, seperti dilansir Hellosehat, mengungkapkan setiap stimulan memiliki efek samping kecemasan. Tak terkecuali kafein.

Semakin kamu merasa cemassemakin susah kamu tidur. Di sinilah masalahnya. Kurang tidur malah bikin kamu semakin stres saja.

Senada, Roberta Lee, MD, Ketua Departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel, mengatakan efek kafein pada kopi justru membuat orang semakin gelisah. Alih-alih bikin mood bagus, minum kopi saat stres pada akhirnya akan semakin membuat kamu tidak tenang dan kelelahan.


2. Perhatikan Asupan Kopi saat Stres

coffee
Saat stres, perhatikan asupan kopi kamu. (foto: pixabay/stocksnap)


Meskipun demikian, bukan berarti kamu sama sekali enggak boleh minum kopi saat stres. Kuncinya ialah memperhatikan dosisnya. Pastikan jangan sampai berlebihan.

Buat kamu yang mendongkrak mood dengan kopi, ikuti deh tips aman berikut ini.

- Jangan minum kopi kebanyakan

Batasi minum kopi dalam sehari. Maksimal kamu minum 4 cangkir kopi setiap hari. Jika kamu mengalami sakit kepala atau nyeri otot, kurangi lagi porsinya.


- Hindari minum kopi di atas pukul 14.00

Perhatikan waktu minum kopi kamu. Hal ini erat kaitannya dengan jam tidur. Minum kopi jauh sebelum jam tidur memberikan kesempatan tubuh menghilangkan efek kafein yang mungkin mengganggu jam tidur kamu di malam hari.


- Istirahat yang cukup

Pastikan kamu mendapatkan cukup tidur, minimal 7-8 jam sehari supaya terhindar dari stres.

Nah, dengan memperhatikan aturan itu, kamu tetap bisa ngopi tanpa membebani kesehatan tubuhmu.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH