Awas! Hewan Lucu Ini Juga Bisa Berbahaya! Ada spesies kucing paling berbahaya di dunia (Foto Unsplash kstonematheson)

HEWAN berbulu, bermuka lucu, dan sering jadi ikon tokoh baik hati di film kartun bukan berarti tak berbahaya. Selama pertumbuhan, hewan telah memilih mekanisme pertahanan berbeda.

Sekilas, hewan lambat seperti Kukang nampak tidak berbahaya. Namun, di balik itu Kukang menyimpan pertahanan mematikan. Bahkan, hewan peliharaan pun juga bisa mengancam kalau sang pemilik tidak mengerti cara menanganinya.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kucing Adalah Hewan Peliharaan Terbaik Untukmu

Berikut beberapa hewan terlihat lucu namun ternyata cukup berbahaya.


1. The black-footed cat

Kucing
Kucing dari Afrika yang berbahaya (Foto iucnredlist.org)

The black-footed cat juga disebut kucing berbintik-bintik kecil, dianggap sebagai salah satu kucing kecil paling berbahaya di dunia. Walaupun memiliki berat tubuh hanya 1-3kg, kucing itu dapat berburu binatang bahkan lebih besar beberapa kali darinya.

Mereka juga bisa berjalan sekitar 12 mil untuk mengejar mangsa. Kucing-kucing ini berburu sepanjang malam, bahkan dalam kondisi cuaca buruk. Rata-rata, satu kucing makan 14 binatang kecil per malam.


2. Kelinci

Kelinci
Hewan mamalia dari famili Leporidae ini dapat mengancam lingkungan (Foto Unsplas gavla)

Kelinci dibawa ke Australia pada abad ke-18, dan sejak itu, hewan-hewan ini telah menyebabkan masalah besar bagi pemerintah di sana. Kelinci memiliki nafsu makan banyak dan dapat berkembang biak dengan cepat. Mereka telah menyebabkan kematian banyak hewan asli di Australia dan Selandia Baru. Makhluk-makhluk ini juga memakan kulit pohon, yang menyebabkan erosi tanah dan tanah longsor.


3. Cerpelai

Cerpelai
Hewan predator aktif, bertubuh panjang dan ramping, dengan kaki-kaki pendek (Foto Instagram@mochtar_effendi)

Cerpelai memang bertubuh kecil, tetapi mereka agresif. Cerpelai dapat berenang dengan baik, memanjat pohon, berlari kencang, dan mampu berjalan sekitar 10 mil.

Rata-rata cerpelai berbobot 2,5 ons, tetapi mangsanya bisa berbobot beberapa kilogram. Hewan ini dapat dengan mudah membunuh kelinci hanya dengan satu gigitan di belakang kepala. Mereka juga sering berburu untuk hiburan, bukan karena mereka lapar. Cerpelai hanya meninggalkan mangsanya atau menyembunyikannya ketika hari hujan.


Baca juga: Cegah Penularan Virus Corona, Anjing Peliharaan di Tiongkok Pakai Masker


4. Musang madu

Musang
Dikenal dengan hewan paling pemberani di Bumi dari Afrika (Foto aspinallfoundation.org)

Keberanian adalah karakteristik utama mereka. Hewan ini dapat menyerang macan tutul atau singa, dan punya sistem kekebalan sangat kuat, hanya tertidur jika ular menggigitnya. Permasalahannya, musang madu memiliki kulit unik, begitu tebal dan padat sehingga taring pemangsa atau parang tidak dapat merusaknya. Rahangnya kuat dan gigi tajam membuat musang madu memakan mangsanya secara keseluruhan, termasuk tengkorak dan tulang belakang.


5. Kukang

Kukang
Hewan dikenal dengan geraknya yang lambat, tetapi nyatanya memiliki racun berbisa (Foto animals.sandiegozoo.org)

Kukang adalah salah satu mamalia yang paling berbisa. Terdapat kelenjar memancarkan zat beracun di kaki depan mereka. Biasanya, kukang diperlukan untuk menakuti parasit dan predator. Racun mereka dapat menyebabkan mati lemas dan kelumpuhan pada hewan kecil, bahkan pada manusia. Mereka juga memilikit gigi taring yang tajam.

Jadi, apakah saat ini kamu sedang berteman baik dengan mereka? (arb)

Baca juga: Mengenal Hewan Peliharaan di Jakarta Indonesia Pet Show 2019


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH