Awas, Bahaya Mengintai dari AC Penyejuk udara dibutuhkan untuk menyingkirkan udara panas. (Foto: Unsplash/Tim Mossholder)

AIR Conditioner atau AC bukanlah barang asing lagi. Fungsinya sangat membantu menyejukan udara pada rumah-rumah yang berada di iklim tropis. Bahkan ada beberapa orang yang tidak dapat tidur bila tidak berada dalam kondisi adem.

Dilansir dari laman Halodoc, ternyata ada potensi penyakit yang mengintai dari penggunaan AC berlebihan.


Baca Juga:

Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam


Legionnaires

sakit
AC yang tidak dibersihkan jadi sarang bakteri dan kuman. (Foto: Unsplash/Vladislav Nikonov)


Penyakit legionnaires merupakan penyakit jenis infeksi paru. Potensi penyakit ini timbul karena pemilik AC tidak menjaga kebersihan perangkatnya. Dari AC yang kotor dapat membuat bakteri dan kuman menumpuk pada AC tentunya ketika dioperasikan menyebarkannya ke seluruh ruangan. Disarankan untuk membersihkan AC paling tidak sebulan sekali.

Tortikolis

sakit
Berada lama di ruangan berAC membuat sakit di seputaran leher. (Foto: Unsplash/Jesper Aggergaard)


Penyakit yang menyebabkan rasa nyeri, biasa terjadi di dekat leher. Penyebab dari penyakit ini karena udara dingin yang terus menerus diterima oleh tubuh. Biasanya menyerang syaraf sehingga terjadi pembengkakan.


Baca Juga:

Sprei Harus Dicuci Seminggu Sekali


Sakit Kepala

sakit
Ruangan berAc membuat kepala menjadi sakit. (Foto: Unsplash/Anh Nguyen)


Penyakit sakit kepala dapat terjadi jika seseorang terus menerus berada diruangan ber-AC. Biasanya paling sering terjadi pada lansia. Selain sakit kepala berada diruangan ber-AC terus menerus membuat tubuh mudah lelah. Bila seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah, ruangan AC dapat menyebabkannya sesak napas.


Kulit kering

kulit
Jagalah kelembaban kulit selama di ruangan berAC. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)


Berada diruang AC seharian dapat menyebabkan gangguan pada kulit. Gangguan yang biasanya terjadi adalah kulit kehilangan kelembabannya. Bila kulit menjadi kering dapat menimbulkan lipatan dan kerutan pada kulit. Jika kamu berada diruang berAC terus menerus usahakan memakai pelembap agar kulit agar tetap sehat dan tidak kehilangan kelembabannya. (joe)


Baca Juga:

Ini Dampaknya jika Anak Sering Menggunakan Make Up


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH