Awalnya Terlupakan, Kini Jadi Tempat Wisata 'Hits' Area pemrosesan batu barau di Tambang Ombilin yang utuh seperti dahulu. (Foto: whc.unesco.org)

TEMPAT-tempat wisata ini pada awalnya tempat yang ditinggalkan bahkan tak berharga. Tapi seiring waktu, berubah menjadi tempat indah karena alam. Beberapa lagi harus ada campur tangan manusia untuk menyulapnya kembali dilirik. Berikut merahputih.com sajikan lima tempat wisata hits yang awalnya sebagai bekas pertambangan.

Baca juga:

Kini Hits, Tempat-Tempat Wisata yang Dahulunya Tambang


1. Tambang Ombilin

Tambang Batu Bara Ombilin. (Foto: whc.unesco.org)
Tambang Batu Bara Ombilin. (Foto: whc.unesco.org)

Tambang Batu Bara Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat, kini ditetapkan sebagai warisan dunia UNESCO. Di dalamnya termasuk situs pertambangan dan kota, fasilitas penyimpanan batubara di Pelabuhan Emmahaven, dan jaringan kereta api. Setelah pertambangan zaman Belanda menipis dan tak lagi beroperasi, kini hits sebagai destinasi wisata tambang dan sejarah.


2. Danau Kandi

Danau Kandi. (Foto: instagram.com/erdianrahmana)

Danau Kandi. (Foto: instagram.com/erdianrahmana)

Masih di Sawahlunto, beberapa tambang terbuka ditinggalkan kini berubah menjadi destinasi wisata keren. Ada beberapa danau yang terbentuk dari hasil penambangan batu bara, setelah sekian lama, lubang tambang menjadi penampungan air yang terlihat indah membiru. Di antaranya kamu bisa datang ke Danau Kandi, Danau Tanah Hitam, dan Danau Tandikek.

Baca juga:

Sompok Trekking, Destinasi Wisata Hits Inovasi Warga Desa

3. Tebing Breksi

Bukit Breksi di Yogyakarta, Bangkalan, Madura. (Foto: instagram/melanialaniwati)
Bukit Breksi di Yogyakarta. (Foto: instagram/melanialaniwati)

Tebing Breksi terletak sekitar 1 kilometer dari Candi Ijo, Prambanan. Tebing Breksi awalnya tambang batuan alam yang unik. Setelah tak lagi menghasilkan, bekas tambang itu kemudian atas kerjasama warga dan Pemda Yogyakarta disulap jadi taman wisata. Tebing Breksi juga digunakan sebagai tempat Jambore Pramuka.

4. Danau Quarry

 Danau Quarry. (Foto: instagram.com/indahknissa)

Danau Quarry. (Foto: instagram.com/indahknissa)

Danau Quarry terletak di Cigudeg, Kabupaten Bogor. Danau bekas pertambangan pemecah batu untuk pembuatan beton ini kini berubah jadi tempat wisata dengan pemandangan indah. Meski Danau Quarry masih minim fasilitas sebagai sebuah destinasi wisata, tetapi cukup terkenal di kalangan anak-anak muda sebagai tempat untuk berselfie ria.


5. Kandang Godzila

Kandang Godzila destinasi di Kabupaten Tangerang. (Foto: Destinasi Indonesia)
Kandang Godzila destinasi di Kabupaten Tangerang. (Foto: Destinasi Indonesia)

Tempat wisata baru yang juga disebut Taman Tebing Koja ini cocok buat kamu yang suka trekking. Terletak di Desa Cikuya, Tangerang, ada dua destinasi wisata instagramable yaitu Kandang Godzila dan Telaga Biru yang awalnya merupakan galian tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak 2015. (*)

Baca juga:

5 Tempat Wisata Baru di Bali yang Sedang 'Hits' di Kalangan Anak Muda

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH