Awali Kampanye Tahun 2019, Ma'ruf Amin Sambangi Bogor KH Ma'ruf Amin. - Antara Foto

MerahPutih.com - Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mengawali kampanye tahun 2019 dengan menyambangi Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/1). Kota Hujan memang salah satu wilayah prioritas karena pada Pilpres 2014 Jokowi kalah.

"Memang Bogor daerah yang terus terang di Pilpres 2014 pak Jokowi kalah, sekarang harus menang, salah satu prioritas," kata Ma'ruf Amin di kediaman Rumah Situbondo, Jakarta.

Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA

Setibanya di Bogor, mantan Rais A'am PBNU ini berziarah ke ke makam Keramat Empang, Habib Abdullah bin Muhsin Al Athos. Menurut Ma'ruf, pentingnya berziarah itu untuk mencari keberkahan dari para orang saleh yang telah mendahului

"Pertama tentu mencari keberkahan daripada orang-orang saleh yang telah mendahului kita, wali-wali Allah yang banyak keberkahannya," ujar Ma'ruf Amin seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan selain berziarah, yang tidak kalah pentingnya adalah bersilaturahim dengan keluarga yang masih hidup.

Khalifah Makam Keramat Empang, Habib Abdullah Bin Husein Al-'Attas mengaku senang dikunjungi kiai besar Ma'ruf Amin. Terlepas dari status Ma'ruf sebagai cawapres, Habib Al-'Attas mengatakan Ma'ruf merupakan kiai besar yang sangat dihormati seluruh rakyat Indonesia.

"Alhamdulillah. Tujuannya insyaAllah, Allah yang akan memberikan ijabah. Mudah-mudahan beliau panjang umur, biar sehat, mudah-mudahan hasilnya makbul Insya Allah," ujar dia.

Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA

Rencana kegiatan Ma'ruf Amin di Bogor antara lain ziarah ke Makam Keramat Empang Habib Abdullah bin Muhsin Al Athos, ziarah ke Maqom Mama KH. Abdullah bin Nuh, ziarah ke Maqom Mama TB. Falaq bin Abbas silaturahmi dengan relawan dari kelompok Rumah Kerja Relawan serta menghadiri Manaqib Kubro dan Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani. Sebelumnya Ma'ruf pernah menyatakan dirinya akan semakin menggencarkan kegiatan kampanyenya mulai Januari 2019.

Ma'ruf Amin menyatakan akan menitikberatkan kampanyenya pada tiga wilayah yakni Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta selain juga provinsi lain. Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH