Awali Hari dengan Berenergi, Tidur Nyenyak dengan Musik Pengantar Tidur Malam Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 03 Maret 2019
Awali Hari dengan Berenergi, Tidur Nyenyak dengan Musik Pengantar Tidur Malam Ini
Musik bisa membantu kamu tidur nyenyak. (foto: Pixabay/C_Scott)

KETIKA akhir pekan berakhir, kamu pun harus bersiap untuk kembali ke aktivitas. Selain menyiapkan keperluan harian kamu, tidur yang cukup dan berkualitas juga amat penting lo.

Tidur yang cukup dan berkualitas di akhir pekan akan menjamin performa bernergi di awal minggu.

1. Atasi Masalah Sulit Tidur

sleepy man
Masalah tidur bikin kamu kelelahan. (foto: Sleepsavvy)

Saat kamu sulit tidur, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa mematikan lampu kamar, mnggunakan aromaterapi, hingga mendengarkan musik untuk mengantarkan tidur.

Khusus untuk musik, manfaatnya dalam mengatasi gangguan tidur sudah dirasakan banyak orang. Kamu mungkin juga sudah pernah membuktikan bahwa musik pengantar tidur bisa membantu tidur kamu nyenyak.


2. Pilihan Musik yang Tepat

woman
Musik klasik ialah pilihan paling tepat untuk pengantar tidur. (foto: pixabay/pourqouipas)


Meskipun musik bisa membuat kamu terlelap, pilihan jenis musik perlu kamu perhatikan juga.

Seperti dilansir Hellosehat, seorang peneliti asal Jerman, Laszlo Harmat, mengungkapkan kepada Today bahwa musik klasik paling banyak direkomendasikan sebagai musik pengantar tidur. Hal itu diperkuat sebuah studi dalam Journal of Advanced Nursing di 2008. Disebutkan, musik klasik terbukti efektif dalam mengurangi masalah tidur.

Hal itu disebabkan musik klasik punya nada yang rendah dan irama lambat, sekitar 60 beat per menit. Irama lambat itulah yang dapat membantu menurunkan denyut jantung sehingga jadi lebih rileks menuju tidur.

Selain itu, lagu dengan nada yang rendah dan bunyi perkusi yang sedikit, musik klasik bisa bikin kamu lebih cepat mengantuk. Rasa cemas, tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan jadi melambat sehingga tubuh jadi lebih rileks.

3. Pilihan Jenis Musik Lainnya

girl
Coba dengarkan berbagai genre untuk pengantar tidur. (foto: Pixabay/whooalice-moore)


Kalau kamu bukan penyuka musik klasik, ada genre lain yang bisa kamu dengarkan. Musik jazz bisa kamu jadikan alternatif musik pengantar tidur yang baik.

Saat mendengar alunan musik jazz, kamu akan dibawa untuk mengingat kenangan-kenangan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Dengan begitu, kamu jadi lebih cepat terlelap setelahnya.

Meskipun demikian, genre lain musik, seperti rock atau pop, juga bisa jadi pengantar tidur. Yang harus kamu ingat, musik dengan irama cepat cenderung akan membuat kamu lebih alam terlelap.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mendengarkan berbagai genre musik sebagai pengantar tidur. Pilih yang punya irama slow atau pelan agar kamu lebih mudah tenang.

Selamat tidur.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan