Awal Desember PKL di Trotoar Pasar Senen Direlokasi Dinas Bina Marga DKI tengah melakukan pengerjaan revitalisasi trotoar di Jalan Cikini dan Jalan Kramat, Jakarta Pusat. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.Com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat akan merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di bahu Pasar Senen ke Pasar Kenari Salemba pada awal Desember 2019 mendatang.

Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengklaim pihaknya sudah melakukan sosialisasi rencana perpindahan para PKL yang kerap membuat macet arus lalulintas itu.

Baca Juga:

Alasan Anies Perbolehkan PKL Jualan di Trotoar

"Jadi mulai awal Desember sudah tidak ada lagi baju bekas di situ. Sudah kita sosialisasi kemarin di kecamatan senen, saya langsung minta mereka pindah ke pasar kenari," ujar Irwandi kepada wartawan Minggu (17/11).

Irwandi dari pemkot Jakarta Pusat
Irwandi dari Pemkot Jakarta Pusat (Foto:beritajakarta.go.id)

Adapun jumlah para PKL yang berjualan trotoar di kawasan ini berjumlah sekitar 158 orang. Irwandi menuturkan mereka sudah menerima tawaran untuk direlokasi. Di pasar Kenari Pemkot Jakarta Pusat sudah menyediakan kios untuk mereka.

"158 pedagang, kiosnya sudah ada (di pasar Kenari)" paparnya.

Irwandi mengaku pihak telah melaksanakan penataan terhadap para PKL itu, namun, kata dia, mereka tetap membandel dan kembali menguwasai trotoar. Kala itu dipindahkan ke Pasar Kenari dan Paseban, Jakarta Pusat.

" Itu memang pedagangnya bandel banget memang. Dulu sempat ditampung di Kenari terus di Pasar Paseban. Eh balik lagi ke jalan," tuturnya.

Baca Juga:

Pengusiran PKL Tanah Abang, DKI Siagakan 400 Satpol PP

Mantan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat ini pun optimis pada awal 2020 mendatang kawasan Pasar Senen sudah bisa ditata dengan baik.

"Pada prinsipnya kita ingin, Senin besok kan underpass dibangun, itu akan menjadi titik sentral yang rame, bakal ada peralihan atau rekayasa lalu lintas. Kalau ada pedagang, nanti kita enggak bisa rekayasa" tutup Irwandi.(Asp)

Baca Juga:

Trotoar Berukuran Besar di DKI Kemungkinan Diisi Para PKL

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH