Headline

Awal Desember, Australia Sahkan Pernikahan Sesama Jenis

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 16 November 2017
Awal Desember, Australia Sahkan Pernikahan Sesama Jenis
Warga saling berpelukan setelah diumumkannya dukungan besar warga Australia atas pernikahan sesama jenis (ANTARA FOTO/REUTERS/David Gray)

MerahPutih.Com - Parlemen Australia tengah menggodok undang-undang yang mengesahkan pernikahan sesama jenis. Kemungkinan besar, awal Desember undang-undang tersebut mulai berlaku.

Sebagaimana diketahui dalam sebuah survei nasional, mayoritas warga Negeri Kangguru itu menyetujui pernikahan sesama jenis. Sekitar 61,6 persen penduduk Australia sepakat dengan kesetaraan pernikahan dan 38,4 persen menolaknya.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull pada Rabu (15/11) bersama oposisi Partai Buruh menyatakan, pengesahan undang-undang pernikahan sesama jenis melalui parlemen pada tanggal 7 Desember mendatang.

Jika perundang-undangan tersebut berjalan seperti yang diharapkan, Australia sebagaimana dilansir Antara dari Reuters akan menjadi negara ke-26 yang melegalkan pernikahan sesama jenis, sebuah titik balik bagi Australia di mana hal tersebut masih dianggap ilegal di beberapa negara bagian untuk terlibat kegiatan homoseksual hingga 1997.

Perundang-undangan tersebut menghadapi beberapa tentangan dari anggota parlemen konservatif dalam koalisi tersebut, yang telah berjanji memperkenalkan amandemen untuk melindungi kebebasan beragama, yang memungkinkan diskriminasi terhadap pasangan sesama jenis.

Jaksa Agung George Brandis melakukan dua amendemen pada Rabu, berusaha untuk memperluas perlindungan kepada penyelenggara acara sipil yang menolak mengadakan pernikahan sesama jenis.

"Mereka akan melakukan beberapa amandemen dan sebagian perubahan diantaranya akan diterima," kata Turnbull kepada sebuah stasiun radio pada Kamis (16/11).

"Kami sedang mengusahakannya," ujarnya.

Rancangan undang-undang saingan oleh faksi konservatif yang akan mencakup perlindungan luas terhadap penentang yang religius, termasuk penjual bunga, pembuat roti dan pengiring musik, untuk menolak memberi pelayanan kepada pasangan sesama jenis, telah ditarik setelah dikecam secara luas.

Perdebatan penuh mengenai rancangan undang-undang yang diperkenalkan Senator Dean Smith, anggota koalisi dan anggota parlemen penyuka sesama jenis pertama di negara itu, dijadwalkan akan dimulai pada 27 November.(*)

#Pernikahan Gay #Pernikahan Sesama Jenis #LGBT #Malcolm Turnbull #Australia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan