Awal Agustus Pengumuman Seleksi Administrasi PNS 2021, Pelamar Keberatan Bisa Protes

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 28 Juli 2021
Awal Agustus Pengumuman Seleksi Administrasi PNS 2021, Pelamar Keberatan Bisa Protes
Ilustrasi. (Foto: MP/sscasn.bkn.go.id)

MerahPutih.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mengumumkan hasil seleksi administrasi rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2 Agustus 2021 mendatang.

Semula pengumuman seleksi PNS 2021 dilaksanakan hari ini 28 - 29 Juli 2021, seiring adanya aturan perpanjangan masa pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini, maka pengumuman hasil diundur.

Untuk Masa Sanggah, Kementerian PANRB memberi waktu calon PNS selama 2 hari 4 - 6 Agustus 2021. Tahapan ini pelamar PNS dapat memprotes penyelenggara bila selama proses seleksi administrasi merasa dirugikan.

Baca Juga:

Pendaftaran CPNS Solo Ditutup, Dokter Spesialis sampai Teknisi Komunikasi Minim Pelamar

Panitia PNS 2021 ini juga wajib menjawab keberatan yang dilayangkan pemburu aparatur sipil negara. Masa jawab sanggah pelamar dimulai dari 4 hingga 13 Agustus 2021.

Setelah panitia ASN menjawab semua keberatan dari CPNS, tanggal 15 Agustus 2021 diputuskan pengumuman hasil Masa Sanggah.

"Jadwal pelaksanaan dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diumumkan kemudian melalui laman https://www mengan go.id," bunyi pengumuman Kemenpan RB.

Ilustrasi tes SKD CPNS. (FOTO ANTARA/HO/Humas Pemda)
Ilustrasi tes SKD CPNS. (FOTO ANTARA/HO/Humas Pemda)


Tahapan seleksi Kompetensi Dasar PNS, Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru, SeIeksi Kompetensi Bldang PNS dan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi COVID-19.

Menpan RB telah resmi menutup pendaftaran PNS dan PPPK pada 26 Juli 2021 kemarin. Tapi pendaftaran seleksi Guru PPPK di Provinsi Papua dan Papua Barat diperpanjang.

Baca Juga:

44 Formasi CPNS Kemenag Aceh Bakal Diperebutkan 3.808 Pelamar

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menuturkan, ada 4.542.134 peserta yang mengisi formulir pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2021 ini. Kemudian calon PNS yang menyelesaikan pendaftaran sampai dengan penutupan sebanyak 4.030.090 peserta.

Lalu, ada 449.002 pelamar yang tak lolos syarat verifikasi CPNS dan PPPK.

"Jumlah calon ASN yang menyelesaikan pendaftaran sampai dengan penutupan tadi malam adalah 4.030.090 peserta," kata Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Selasa (27/7). (Asp)

Baca Juga:

10 Instansi Paling Banyak Diminati dan Sepi Pelamar CPNS

#Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan