Awal Agustus Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PNS, Begini Cara Ceknya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 28 Juli 2021
Awal Agustus Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PNS, Begini Cara Ceknya
Arsip - Peserta mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) formasi CPNS di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Minggu (8/3/2020). (ANTARA/Khalis)

MerahPutih.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah resmi menutup pendaftaran seleksi administrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 26 Juli 2021 kemarin.

Di tanggal 2 dan 3 Agustus, hasil seleksi administrasi rekrutmen PNS 2021 diumumkan. Untuk mengetahui hasil seleksi PNS tahun ini, dapat dilakukan lewat akun masing-masing pelamar di SSCASN.

Pelamar tinggal mengakses situs https://sscasn.bkn.go.id dan masuk ke akun masing-masing. Para pelamar pun dipersilakan untuk memeriksa pengumuman hasil seleksi administrasi pada 2-3 Agustus.

Baca Juga:

Awal Agustus Pengumuman Seleksi Administrasi PNS 2021, Pelamar Keberatan Bisa Protes

Langkah selanjutnya adalah mengklik login pada menu yang tersedia dan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta kata kunci (password) yang digunakan ketika mendaftarkan diri. Lalu klik tombol masuk.

Jika pelamar dinyatakan lolos, sistem SSCASN akan langsung menyampaikan dan mengumumkan kelulusan. Selanjutnya pelamar tinggal mengunduh kartu ujian untuk tahapan seleksi selanjutnya.

Ilustrasi. (Foto: MP/sscasn.bkn.go.id)
Ilustrasi. (Foto: MP/sscasn.bkn.go.id)

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama instansi tengah menyeleksi berkas-berkas pelamar dalam tahapan seleksi administrasi.

BKN juga menyediakan, Masa Sanggah bagi calon PNS selama 2 hari 4 - 6 Agustus 2021. Tahapan ini, pelamar PNS bisa protes penyelenggara jika selama proses seleksi administrasi merasa tidak puas.

Panitia pun diwajibkan menjawab keberatan yang dilayangkan pemburu aparatur sipil negara itu. Masa jawab sanggah dimulai 4 hingga 13 Agustus 2021.

Baca Juga:

Pendaftaran CPNS Solo Ditutup, Dokter Spesialis sampai Teknisi Komunikasi Minim Pelamar

Setelah panitia menjawab semua keberatan dari CPNS. Tanggal 15 Agustus 2021 diputuskan pengumuman hasil Masa Sanggah.

"Jadwal pelaksanaan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diumumkan kemudian melalui laman https://www.mengan go.id," bunyi pengumuman Kemenpan RB.

Tahapan seleksi Kompetensi Dasar PNS, Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru, SeIeksi Kompetensi Bidang PNS dan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi COVlD-19. (Asp)

Baca Juga:

44 Formasi CPNS Kemenag Aceh Bakal Diperebutkan 3.808 Pelamar

#Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan