Avonturir, Kamu Wajib Tahu nih Etiket Penumpang Pesawat Ada etiket yang wajib dijaga saat naik pesawat. (foto: pexels/anugrah lohiya)

SAAT melancong, kamu tidak bisa berbuat sembarangan. Terlebih jika kamu menggunakan moda transportasi umum, semisal pesawat terbang. Ada etiket sebagai penumpang pesawat yang harus kamu patuhi.

Mengingat kamu melancong tidak sendirian, sudah seharusnya kamu menjaga etiket kepada sesama penumpang pesawat lainnya. Menurut laman Smarter Travel, 5 etiket sebagai penumpang pesawat ini harus dipatuhi pelancong.

BACA JUGA: Dari Eropa Hingga Bali, Inilah 4 Desa dengan Pemandangan Alam Terindah di Dunia


1. Tidak mengambil sandaran tangan penumpang lain di kursi pesawat

airplane
Jangan serakah mengambil sandaran penumpang lain. (foto: Pexels/pedro sandrini)

Satu kursi penumpang pesawat memiliki satu sandaran tangan. Perhatikan di mana kursi kamu berada. Jangan serakah mengambil sandaran tangan kursi penumpang lain. Sebaliknya jika sandaran tangan kamu yang digunakan penumpang lain. Komunikasikan dengan baik-baik bahwa itu adalah hak kamu.

Pendiri Swan School of Protocol sekaligus pakar etiket, Elaine Swan, mengatakan satu sandaran penumpang hanya untuk satu penumpang. Perlu diingat jika kamu duduk di kursi tengah. Hak sandaran tangan kamu cuma satu, yang disebelah kiri atau kanan.


2. Tidak membaringkan kursi pesawat

airplane
Membaringkan kursi mengganggu ruang kaki penumpang lain. (foto: pexels/daniel frese)

Sebenarnya boleh-boleh saja membaringkan kursi pesawat asalkan tidak mengganggu kenyamanan penumpang yang berada di belakang. Namun, jika durasi penerbangan kamu sebentar, sebaiknya jangan membaringkan kursi pesawat. Hal itu agar tidak mengganggu ruang kaki untuk penumpang di belakangmu.

Namun, ahli etika Courtney Fadler mengatakan akan beda cerita jika kamu menempuh penerbangan internasional. Karena durasi penerbangan cukup lama, tidak ada salahnya kamu membaringkan kursi pesawat. Dengan catatan, penumpang di belakangmu sedang tidak menggunakan meja makan kursi. Jadi lebih baik minta izin dulu ya kepada penumpang di belakangmu sebelum membaringkan kursi.

3. Tidak memotong garis antrean di bandara

airplane
Jika memang terburu-buru, minta izin untuk memotong antrean. (foto: pexels/skitterphoto)

Mungkin kamu pernah mengalami terlambat datang ke bandara, sedangkan pesawatmu sudah mau lepas landas dalam waktu beberapa menit. Jika kamu mengalami hal itu, jangan sekali-kali memotong antrean penumpang lain. Namun, kamu tetap bisa dengan sopan mendahului barisan antrean.

Cobalah untuk berkomunikasi secara baik-baik dengan penumpang di antrean di depan kamu. Jelaskan masalah yang kamu alami. Kamu pun bisa meminta bantuan petugas bandara untuk mendahulukan antreanmu.


4. Tidak menukar kursi di pesawat

airplane
Minta bantuan pramugari untuk pindah kursi. (foto: pexels/johanes rapprich)

Biasanya penumpang ingin bertukar kursi pesawat ketika sudah berada di dalam kabin. Mereka melakukan ini karena ingin duduk dekat rekan seperjalanan mereka. Atau agar bisa mendapatkan kursi yang lebih baik seperti di dekat jendela.

Jika ingin bertukar kursi pesawat. Sebaiknya kamu meminta bantuan kepada pramugari. Dengan begitu, pramugari bisa membagi atau mengatur ulang kembali posisi duduk penumpang secara adil. Jadi jangan sembarangan duduk di kursi orang lain ya.


5. Menghadapi penumpang sebelahmu yang berisik

airplane
Pakai headphone atau penutup mata untuk menghindari obrolan. (foto: pexels/jason toevs)

Tipe penumpang pesawat macam-macam. Ada penumpang pesawat yang pendiam. Ada juga penumpang pesawat yang berisik. Biasanya penumpang yang berisik sering mengajak kamu berbicara. Padahal, kamu ingin menikmati perjalanan dalam kesunyian.

Untuk menghadapi penumpang seperti itu, kamu tidak perlu menggunakan emosi. Emily Post Institute menyarankan agar kamu membawa headphone atau penutup mata saat menghadapi mereka. Jika mereka mulai berbicara. Cobalah untuk pura-pura tidur, dan tutup telinga kamu dengan headphone. Dengan begitu, penumpang itu sadar bahwa kamu ingin menikmati perjalanan tanpa ada celotehannya.(ikh)

BACA JUGA: Akses Wifi Gratis di 5 Kota Dunia Ini, Bebas Mau Ngapain Saja!

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH