Avengers: Endgame Menjadi Film Terakhir Stan Lee Stan Lee di film MCU (Sumber: reddit.com)

STAN Lee bukan hanya sosok yang menciptakan banyak karakter superhero di komik Marvel, pria kelahiran Manhattan, Kota New York, 28 Desember 1922 ini juga kerap menjadi cameo di film-film Marvel Cinematic Universe (MCU). Saking seringnya jadi cameo, ia kerap dijuluki Raja Cameo.

Namun, setelah ia meninggal, berbagai pertanyaan muncul tentang sampai kapan Stan Lee akan tetap menjadi cameo? Apalagi beberapa film diketahui sudah syuting jauh sebelum Stan Lee meninggal pada bulan November tahun lalu.

Dilansir dari Mashable, sutradara Avengers: Endgame, Joe Russo mengatakan kalau Stan Lee tetap muncul di film yang ia garap itu. Hanya saja, film tersebut menjadi film yang terakhir kali Stan Lee hadir sebagai cameo di film MCU.

"Ini satu-satunya film yang terakhir bagi dia (Stan Lee)," ucap Joe Russo.

Pernyataan ini sekaligus menepis rumor yang beredar bahwa Stan Lee akan muncul di beberapa film setelah Avengers: Endgame seperti Spider-Man: Far from Home yang akan rilis pada 5 Juli mendatang.

Sepanjang hidupnya Stan Lee selalu ikut terlibat dalam film-film Marvel. Hingga film Captain Marvel, Stan Lee sudah bermain di 39 film Marvel. Berarti, jika ia muncul di Avengers: Endgame, itu adalah film ke 40-nya.

Cameo di salah satu film Marvel (Sumber: Variety)
Cameo di salah satu film Marvel (Sumber: Variety)

Stan Lee adalah salah satu orang yang paling berjasa atas kesuksesan Marvel Comics. Banyak tokoh-tokoh superhero diciptakannya seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan lain sebagainya.

Meski dikenal sebagai sosok yang berjasa di Marvel, ia juga sempat membuat karya-karya untuk DC Comics, misalnya comic Catwoman bersama Chris Bachalo tahun 2002, JLA bersama Jerry Ordway tahun 2002 dan Aquaman bersama Scott McDaniel tahun 2002.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH